Logo Network
Network

Eselon I dan II Diusulkan Jadi PNS Nasional

Muri Setiawan
.
Rabu, 01 Desember 2021 | 12:15 WIB
Eselon I dan II Diusulkan Jadi PNS Nasional
Eselon I dan II Diusulkan Jadi PNS Nasional. (Foto: Setkab).

JAKARTA, lintasbabel.id - Ketua Umum Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Zudan Arif Fakrullah mengusulkan eselon I dan II menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) nasional. Ini dilakukan untuk mencegah intervensi politik dalam birokrasi pemerintahan.

“Itu juga salah satu solusi kita. Kan tidak lagi diberhentikan oleh kepala daerah, jadi kepala daerah boleh berganti tetapi pejabat birokrasinya relatif,” kata Zudan seperti dilansir dari iNews, Rabu (1/12/2021).

Zudan menuturkan, eselon I dan eselon II merupakan jabatan yang sangat strategis. Posisi yang strategis tersebut merupakkan investasi dalam human capital.

“Karena kalau eselon I dan II, itu pelatihannya sudah panjang. Biaya banyak untuk membentuk sampai ditingkat itu,” ujarnya.

Menurut dia, dengan menjadi PNS nasional, maka penataannya bisa dilakukan oleh pemerintah pusat. Misalnya, untuk mengisi kekosongan di daerah-daerah tertentu. Namun hal ini harus didukung dengan talent pool dalam bentuk Badan Talenta Nasional.

“Daerah tertentu yang kurang maju diberi ASN-ASN terbaik. Yang pusat itu sudah punya talent pool-nya. Ini cocok di bdiang perencanaan pembangunan, ini cocok di bidang keuangan, ini cocok di bidang kesehatan, ini cocok di bidang pemberdayaan masyarakat. Yang top-top turunkan ke daerah yang kurang bagus agar menjadi katalisator, bisa mempercepat proses di daerah itu,” katanya.

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Halaman : 1 2
Bagikan Artikel Ini