get app
inews
Aa Read Next : Contoh Pantun Jenaka Beserta Ciri-cirinya

Contoh Pantun Nasehat Beserta Ciri-cirinya

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 17:24 WIB
header img
Contoh pantun nasehat beserta ciri-cirinya. Foto: ilustrasi Jarjit, salah satu pemeran film kartun Upin Ipin yang kerap berpantun/ net.

JAKARTA, Lintasbabel.iNews.id - Contoh pantun nasehat bisa kamu jumpai dalam artikel kali ini. Pantun nasehat sebenarnya ditujukan untuk menasehati dan memotivasi seseorang, namun dikemas secara kalimat yang menghibur para pendengarnya.

Pantun merupakan jenis puisi lama milik budaya asli Indonesia. Kata pantun sendiri berasal dari akar kata tun yang dalam bahasa Kawi (Jawa Kuno) memiliki arti tuntun-antuntun, sedangkan dalam bahasa Indonesia memiliki arti mengatur. 

Pantun bukan sekadar gubahan kata-kata yang memiliki rima dan irama, tetapi merupakan rangkaian kata yang indah untuk menggambarkan kehangatan, seperti cinta, kasih sayang, rindu dendam penuturnya.

Ciri-ciri Pantun Nasehat

Pantun nasehat setidaknya mengandung ciri-ciri sebagai berikut:

- Berisikan nasehat ataupun imbauan untuk pembaca pantun

- Berisikan sebuah perintah sebagai contohnya, yaitu perintah untuk melarang sesuatu, jauhi, seharusnya, jangan ataupun sebaliknya

- Pantun terdiri atas sejumlah baris yang selalu genap yang merupakan satu kesatuan yang disebut bait atau kuplet d.Sering digunakan untuk acara-acara tertentu seperti belajar mengajar.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut