get app
inews
Aa
Read Next : Fery Afriyanto Resmi Jabat PLH Sekda Babel

Babel 10 Besar Penderita Diabetes di Indonesia, dr Andri: Kurangi Makan Karbohidrat

Jum'at, 07 Oktober 2022 | 15:09 WIB
header img
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Babel, Andri Nurtito. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Irwan Setiawan.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melaporkan bahwa Babel termasuk 10 besar angka penderita diabetes tertinggi di 34 Provinsi di Indonesia.

"Kontribusi jumlah penderita kencing manis termasuk banyak, termasuk kelompok 10 besar provinsi yang jumlah penderita diabetesnya banyak," kata Kepala Dinkes Babel, Andri Nurtito, Jumat (7/10/2022). 

Andri Nurtito menuturkan, untuk mengantisipasi penderita diabetes yaitu dengan cara mengurangi makanan yang berkarbohidrat.  

"Masyarakat harus kita berdayakan untuk gaya hidup sehat, mengurangi makanan karbohidrat, mengurangi nasi, mengurangi roti, mengurangi mie, lebih banyak makan buah dan sayur, lebih banyak makan protein," tuturnya. 

Ia menyebutkan, apabila masyarakat Babel banyak yang menderita diabetes akan mengurangi produktifitas masyarakat, serta biaya kesehatan Babel akan semangkin tinggi. 

"Dampaknya produktifitas masyarakat akan menurun, dan biaya kesehatan kita akan naik, karena untuk mengobati diabetes ini seumur hidup minum obatnya," tuturnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut