get app
inews
Aa Read Next : Cek Ketahanan Pangan Daerah, Menteri Desa PDTT Abdul Halim Kunjungi Bangka Belitung

Lahan Eks Tambang Akan Dimanfaatkan untuk Peningkatan Tanaman Pangan

Kamis, 06 Oktober 2022 | 15:49 WIB
header img
Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Sektor Pertanian yang bertempat di gedung Batu Rakit Rumah Dinas Gubernur, Kamis (06/10/2022). Foto: istimewa.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel), mengajak Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Babel agar dapat memanfaatkan lahan kritis eks tambang menjadi lahan pertanian yang dapat di tanami berbagai jenis tanaman, dengan tujuan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Hal itu disampaikan PJ Gubernur Kepulauan Babel, Ridwan Djamaluddin pada Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Sektor Pertanian yang bertempat di gedung Batu Rakit Rumah Dinas Gubernur, Kamis (06/10/2022).

Menurutnya, lahan kritis eks tambang yang tersebar di setiap kabupaten di Provinsi Babel masih sangat luas, sehingga sebaiknya dapat ditanami berbagai jenis tanaman sehingga menjadi lahan produktif.

"Saya mengajak DPKP Provinsi agar mengelola lahan kritis eks tambang dengan baik, guna peningkatan berbagai jenis tanaman pangan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat," ujar Ridwan.

Untuk diketahui, Provinsi Kepulauan Babel belum dapat memenuhi semua kebutuhan pangan dalam daerah, sehingga harga menjadi mahal sedangkan kebutuhan masyarakat cukup tinggi. Akibatnya, masyarakat Kepulauan Babel mendatangkan kebutuhan pangan dari luar daerah, mulai dari jenis sayuran, daging, serta kebutuhan lainnya.

Oleh karenanya, Ridwan Djamaluddin meminta kepada DPKP Kepulauan Babel agar dapat menyediakan kebutuhan bahan pangan dan dapat dihasilkan dari dalam daerah, sehingga dapat mengurangi ketergantungan Babel dari luar daerah.

"Kita perlu sebanyak mungkin menyediakan kebutuhan-kebutuhan pokok dari dalam. Selama ini kita mendatangkannya dari luar, dan kedepan akan sebaliknya. Dengan demikian, inflasi dapat ditekan," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut