get app
inews
Aa
Read Next : Harga Beras Terus Melonjak, DPKP Babel: Minimnya Produksi Padi di Daerah

Harga TBS Kelapa Sawit di Babel Mulai Merangkak Naik, Dampak Dibukanya Keran Ekspor CPO

Senin, 03 Oktober 2022 | 15:00 WIB
header img
Harga Tandan Buah Segar (TBS ) kelapa sawit beberapa pekan terakhir di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai merangka naik. Foto: lintasbabel.id/ Suharli.

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Harga Tandan Buah Segar (TBS ) kelapa sawit beberapa pekan terakhir di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mulai merangka naik. Kenaikan dipicu adanya pembukaan keran ekspor crude palm oil (CPO) oleh pemerintah sejak Juli lalu. 

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP), Provinsi Kepulauan Babel, Edi Romdhoni mengatakan saat ini harga Tandan Buah Segar (TBS ) tertinggi sudah mencapai Rp.2.050.Per kilogram (Kg) 

"Alhamdulillah  TBS kita yang sudah bermitra sudah aman posisinya, yang plasma aman, tidak ada masalah karena harga yang diterima sesuai dengan harga yang dirapatkan, tertinggi mencapai Rp.2.050 per Kg dan terendah Rp.1.600 per Kg di pabrik," Kata Edi, Senin (3/10/2022). 

Edi mengakui, walaupun harga di tingkatan pabrik sudah mengalami peningkatan diangka Rp.2000 per Kg, tetapi harga yang diterima petani sedikit mengalami perbedaan.

"Kalau di petani Kabupaten Bangka rata-eata Rp1.800 per Kg, di petani Bangka Barat Rp1, 700 per Kg . Harga diterima petani itu selisih harga perusahan dan pengepul," tuturnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut