get app
inews
Aa Read Next : BPDPKS Wujudkan Impian Anak Petani Sawit untuk Berkuliah

Satu-satunya Kabupaten se-Indonesia, Pemkab Bangka Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik

Jum'at, 26 November 2021 | 18:38 WIB
header img
Pemkab Bangka raih penghargaan predikat Perencanaan Pembangunan Terbaik Pertama di Indonesia tahun 2021. (Foto: Dinkominfotik Bangka)

Beberapa indikator pencapaian pembangunan yang dinilai dalam Penghargaan Pembangunan Daerah ini meliputi capaian indikator pembangunan ekonomi makro dan sosial meliputi pertumbuhan ekonomi, tingkat pengangguran terbuka, tingkat kemiskinan, indeks pembangunan manusia, ketimpangan rasio gini serta indeks ketimpangan wilayah. Sementara aspek penilaian kualitas dokumen mencermati proses penyusunan dokumen perencanaan, pencapaian pelaksanaan dokumen perencanaan, dan inovasi yang dikembangkan di daerah.

Penghargaan pembangunan daerah yang diraih Kabupaten Bangka sebagai perencana terbaik merupakan puncak penghargaan di level nasional yang paling bergengsi karena penghargaan ini mengukur aspek penilaian keberhasilan capaian pembangunan secara holistik mulai dari kualitas perencanaan, pelaksanaan sampai dengan penilaian capaian kinerja indikator pembangunan.

Penghargaan pembangunan daerah ini memberikan dampak bagi peningkatan sumber pembiayaan pembangunan. Pemerintah pusat telah mengalokasikan dana insentif bagi daerah yang berhasil meraih prestasi di bidang perencanaan pembangunan terbaik bagi pemerintah provinsi/kabupaten/kota di Indonesia. Dana insentif ini sangat bermanfaat bagi sumber pembiayaan pembangunan.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut