get app
inews
Aa Read Next : BPDPKS Wujudkan Impian Anak Petani Sawit untuk Berkuliah

Satu-satunya Kabupaten se-Indonesia, Pemkab Bangka Raih Penghargaan Perencanaan Pembangunan Terbaik

Jum'at, 26 November 2021 | 18:38 WIB
header img
Pemkab Bangka raih penghargaan predikat Perencanaan Pembangunan Terbaik Pertama di Indonesia tahun 2021. (Foto: Dinkominfotik Bangka)

Sebelum meraih penghargaan bergengsi tingkat nasional tahun 2020 dan 2021 ini, Pemerintah Kabupaten Bangka juga telah menerima penghargaan perencanaan pembangunan daerah dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebanyak 6 kali berturut-turut sejak tahun 2015 sampai tahun 2020 sebagai kabupaten terbaik pertama di level Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Di level nasional, selama 6 tahun berturut-turut Pemerintah Kabupaten Bangka juga berhasil masuk dalam 10 besar tingkat nasional. 

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Bangka, Pan Budi Marwoto, menambahkan raihan penghargaan perencanaan pembangunan terbaik pertama ini semakin menambah semangat dan optimisme untuk terus bekerja keras dan cerdas mempertahankan hasil capaian kualitas perencanaan dan capaian pembangunan ke depan, mengingat tantangan pembangunan dan dinamika ekspektasi masyarakat yang semakin tinggi.

Menurut Pan Budi Marwoto, penetapan penghargaan pembangunan daerah yang diterima oleh Pemerintah Kabupaten Bangka pada tahun 2020 dan 2021 ini telah melalui tahapan seleksi yang sangat ketat yaitu penilaian terhadap dokumen perencanaan daerah di tingkat provinsi, penilaian proses penyusunan dokumen perencanaan di tingkat nasional. 

Setelah dilakukan penilaian dokumen di tingkat nasional dan ditetapkan 18 kabupaten/kota perencana terbaik selanjutnya tim penilai melakukan verifikasi melalui kunjungan ke lapangan diteruskan dengan FGD, pemaparan dan wawancara, serta penetapan usulan daerah terbaik oleh Tim Penilai.

Kompetisi perencanaan pembangunan ini diselenggarakan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas. Tim Penilai terdiri atas Tim Penilai Independen, Tim Penilai Utama, dan Tim Penilai Teknis yang mempunyai kompetensi dan kepakaran pengetahuan dan pemahaman teknik mengenai perencanaan dan kebijakan publik termasuk pembangunan ekonomi, pengembangan wilayah, kelembagaan, serta disiplin ilmu lainnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut