get app
inews
Aa Read Next : Gencatan Senjata Israel - Hamas, Ini Detailnya

Rusia Lakukan Pertukaran Tahanan yang Ditangkap di Ukraina

Kamis, 22 September 2022 | 17:36 WIB
header img
Warga AS Alexander Drueke dan Andy Huynh dibebaskan Rusia dalam pertukaran Tawanan. Foto: Istimewa.

MOSKOW, lintasbabel.id - Ditengahi Arab Saudi, Rusia melakukan pertukaran 10 orang tahanan asing yang ditangkap di Ukraina. Ke-10 tahanan itu diterbangkan ke Arab Saudi. 

Diketahui pertuukaran tahanan itu dilakukan pada Rabu (21/9/2022). Negara itu juga memfasilitasi prosedur untuk negara masing-masing.  Namun, pihak otoritas terkait tidak mau membeberkan nama-nama tahanan tersebut. 

Dari 10 tahanan, lima diantaranya merupakan warga Inggris dan dua berasal dari Amerika. Sedangkan tiga lainnya masing-masing berasal dari Kroasia, Maroko dan Swdia. 

Sebelumnya, di hari yang sama, eorang pejabat senior di Kiev mengatakan, Rusia membebaskan 215 warga Ukraina yang ditawan setelah pertempuran berkepanjangan di kota pelabuhan Mariupol awal tahun ini. Di antara mereka yang ditangkap saat itu,  termasuk para pemimpin militer. 

"Orang-orang Ukraina yang dibebaskan termasuk komandan dan wakil komandan batalion Azov yang melakukan banyak pertempuran," kata Kepala Kantor Presiden Volodymyr Zelensky, Andriy Yermak.

Seorang perwakilan keluarga tahanan kepada Reuters mengatakan warga AS yang dibebaskan adalah Alexander Drueke (39) dan Andy Huynh (27). Mereka berasal dari Alabama.

Keduanya ditangkap pada bulan Juni saat bertempur di Ukraina timur. Keduanya sengaja pergi ke Ukraina untuk mendukung pasukan Kiev yang melawan invasi Rusia.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut