get app
inews
Aa Read Next : Buka Esports Piala Prabowo Region Babel, Erzaldi: Berjuanglah, Gapai Prestasi

Rusia Apresiasi Proposal Perdamaian yang Ditawarkan Prabowo Subianto

Kamis, 15 Juni 2023 | 22:07 WIB
header img
Juru bicara kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova. Foto: Sergey Bobylev /TASS.

PANGKALPINANG, Lintasbabel.iNews.id - Rusia menyambut baik dan mengapresiasi proposal perdamaian yang diusulkan oleh Menteri Pertahanan Indonesia, Prabowo Subianto. Proposal ini dinilai sejalan dengan perjanjian Minsk dan dapat mengakhiri konflik dengan Ukraina.

Berbicara dalam Konferensi Keamanan Dialog Shangri-La di Singapura pada 3 Juni 2023, Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto sempat mengusulkan resolusi perdamaian yang mencakup gencatan senjata, pembentukan zona demiliterisasi, dan penempatan pasukan penjaga perdamaian PBB.

Meski mendapat penolakan mentah-mentah dari Ukraina, proposal perdamaian yang diusulkan Prabowo justru mendapat apresiasi dari Rusia. Resolusi perdamaian yang ditawarkan ini dianggap sudah sejalan dengan perjanjian Minsk yang terbukti pernah efektif mengakhiri perang Rusia -Ukraina pada tahun 2014 silam.

Disampaikan juru bicara kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, pihaknya sangat menghargai setiap upaya untuk mengakhiri konflik melalui jalur diplomasi dan perundingan, namun hal itu perlu didorong oleh desakan terhadap rezim Kiev dan negara-negara barat yang dinilainya tidak memiliki itikad untuk menyudahi perang.

"Kami merekomendasikan semua negara dan organisasi yang ingin berkontribusi pada penyelesaian perdamaian untuk mengarahkan upaya mereka untuk menghubungi rezim Kiev dan sponsor Baratnya, yang, pada kenyataannya, mengganggu proses negosiasi pada April 2022 dan yang terus bertaruh untuk memperpanjang konflik. . Ini menyangkut larangan negosiasi dengan Rusia di tingkat legislatif di Ukraina. Hal yang sama berlaku untuk pasokan senjata dan kegiatan teroris dan banyak lagi," kata Zakharova seperti dilansir kantor berita Rusia, TASS.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut