get app
inews
Aa Read Next : Parah, Nilai Ekspor Babel Turun 82,55 Persen, Impor Juga Turun 75,95 Persen

Harga Murah, Impor Batu Bara China dari Rusia dan RI Melonjak

Selasa, 20 September 2022 | 18:54 WIB
header img
Impor batu bara China dari Rusia dan Indonesia melonjak pada Agustus 2022 lalu. Lonjakan impor itu terjadi karena harga murah dan tingginya permintaan akibat cuaca panas yang ekstrem di negara tersebut. Foto: Okezone.

BEIJING, lintasbabel.id - Impor batu bara China dari Rusia dan Indonesia melonjak pada Agustus 2022 lalu. Lonjakan impor itu terjadi karena harga murah dan tingginya permintaan akibat cuaca panas yang ekstrem di negara tersebut.

Mengutip Reuters, data Administrasi Umum Kepabeanan China menunjukkan, impor batu bara China dari Rusia naik pada Agustus 2022, melebihi level bulan lalu dan mencapai level tertinggi dalam lima tahun. 

Volume impor batu bara dari Rusia pada bulan lalu mencapai 8,54 juta ton, naik dari Juli sebanyak 7,42 juta ton dan 57 persen lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Diketahui, Impor batu bara dari Rusia telah melonjak dalam beberapa bulan terakhir karena Eropa menangguhkan pembelian dari negara itu setelah Moskow menginvasi Ukraina. Hal itu memaksa Rusia menjual batu baranya dengan harga diskon besar-besaran.

Para trader mengatakan, harga batu bara Rusia saat ini telah naik karena China dan India meningkatkan pembelian. Namun harganya masih lebih murah dibanding batu bara domestik dengan kualitas yang sama.

Batu bara termal Rusia 5.500 kkal yang diimpor ke China dihargai sekitar 155 dolar AS per ton pada akhir Agustus. Harga itu naik dari bulan sebelumnya sekitar 150 dolar AS per ton.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut