get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Ibu Muda Urus 9 Anak Sambil Bisnis Jamu, Market hingga Pasar Internasional 

Kisah Inspiratif Pemilik PT Astra, Berawal dari Jualan Kertas dan Sembako

Senin, 12 September 2022 | 19:04 WIB
header img
Kisah sukses dan inspiratif kali ini hadir dari sosok William Soeryadjaya. Dia adalah pendiri perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, yakni PT Astra International Tbk. (Foto: net)

JAKARTA, lintasbabel.id - Kisah sukses dan inspiratif kali ini hadir dari sosok William Soeryadjaya. Dia adalah pendiri perusahaan otomotif terbesar di Indonesia, yakni PT Astra International Tbk. 

Banyak cerita dari seorang William yang bisa kita petik hikmahnya. Jatuh bangun dalam memulai bisnis, bagaimana kiat suksesnya, serta bagaimana dia menjalin komunikasi dengan mitra bisnisnya.

 

 

William harus berjuang seorang diri sejak dia kehilangan kedua orang tuanya saat berusia 12 tahun. Selang 7 tahun dari kehilangan orang tuanya, dia harus berhenti sekolah. 

Oleh karena itu, William memutar otak dan kemudian memutuskan untuk memulai karier sendiri dengan menjadi pedagang kertas di Cirebon. Merasa tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, William saat itu juga berjualan benang tenun di Majalaya.

Berbagai pekerjaan dia lakoni tanpa rasa putus asa demi menyambung hidup dan menafkahi keluarga, bahkan tak berapa lama setelah berjualan tenun, William memutuskan untuk berdagang hasil bumi, seperti minyak, kacang, beras dan gula.

William yang gemar berdagang juga lihai dalam mengelola keuangannya. Uang hasil berdagangnya tidak habis begitu saja, di samping digunakan untuk membantu kehidupan saudara-saudaranya, William juga menyisihkan sedikit demi sedikit uang tersebut untuk bisa melanjutkan studinya di luar negeri. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut