get app
inews
Aa Read Next : Berperan Aktif Tingkatkan Akreditasi Poliklinik Polres Bangka Tengah, Personel Ini Raih Penghargaan

Cacar Monyet Ternyata Bisa Disembuhkan, Simak Penjelasan Kemenkes Berikut Ini

Senin, 12 September 2022 | 14:34 WIB
header img
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan penyakit monkeypox atau cacar monyet dapat sembuh sendiri. (Foto: Reuters)

JAKARTA, lintasbabel.id - Penyakit cacar monyet atau monkeypox ternyata dapat sembuh sendiri (self-limiting disease). Hal itu bisa terjadi bila pasien tidak memiliki beberapa faktor penyakit lain.

Faktor apakah itu? Juru bicara Kementerian Kesehatan dr Mohammad Syahril mengungkapkan, pasien bisa sembuh sendiri bila tidak memiliki penyakit penyerta atau komorbid dan tidak mengalami infeksi parah. 

"Kalau treatment pasien ini karena virus nah penyakit ini sebenarnya bisa sembuh sendiri kalau tanpa komorbid dan infeksi sekunder atau kondisi parah," kata dr Syahril dalam Konferensi Pers Kemenkes disiarkan secara live di Kanal YouTube Kementerian Kesehatan, Sabtu (20/8/2022)

Alasan sembuh sendiri karena lesi atau luka dari cacar monyet akan pecah. Kemudian mengelupas dan kering sendiri jika dalam keadaan tanpa beban penyakit tertentu atau bermasalah dengan sistem kekebalan tubuh (imunitas).

Menurut Syahril, bila seseorang memiliki gejala diminta untuk segera melakukan pemeriksaan ke layanan kesehatan terdekat. Contoh kasus pertama di Jakarta ini, merupakan inisiatif pasien karena merasa mengalami gejala seperti cacar monyet.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut