get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Suharto Gandeng IINTOA Promosikan Pariwisata Babel

Kamis, 18 November 2021 | 11:50 WIB
header img
Kadisparbudkepora Babel Suharto. (Foto : ist)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Guna menggeliatkan pariwisata di masa pandemi, Disparbudkepora Bangka Belitung (Babel) menggandeng pihak ketiga seperti IINTOA (Indonesia Inbound Tour Operators Association). Ini mengingat Babel memprioritaskan sektor pariwisata.

"Meskipun anggaran APBD untuk mempromosikan pariwisata Babel cukup kecil, namun Disparbudkepora melalui bidang promosi pariwisata mencari peluang untuk mempromosikan keindahan alam Babel melalui pihak ketiga, salah satunya adalah IINTOA," ujar Kadisparbudkepora Suharto, saat menjadi narasumber pada Youtube IINTOA dan Podcast Pariwisata Indonesia, Rabu (17/11/2021).

Suharto menjabarkan berbagai macam strategi perkembangan pariwisata dan upaya-upaya yang sudah dilakukan pemerintah untuk menuju 10 destinasi wisata, terutama wilayah yang sudah diakui oleh pemerintah pusat sebagai kawasan strategis perkembangan pariwisata menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), dan juga potensi investasi.

"Tadi kami (disparbudkepora) sudah menyampaikan KEK Belitung beserta programnya, tinggal bagaimana perkembangan selanjutnya dari tim Badan Usaha Pembangun dan Pengelola (BUPP), karena pemerintah tidak bisa melakukan intervensi lebih jauh," katanya.

Menurutnya, daerah yang sudah ditetapkan sebagai kawasan khusus, maka tim BUPP yang akan memajukan pariwisata tersebut dengan mencari investasi dari luar daerah untuk membangun di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Sejauh ini peran Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dalam upaya memajukan pariwisata sudah berjalan baik, dengan memperbaiki berbagai akses jalan menuju tempat wisata," ucapnya. 

Fasilitas penerangan jalan juga, kata dia sudah dibangun, begitu pula permasalahan sanitasi air yang krusial sudah ditangani.

"Jalan menuju tempat wisata sudah kami bangun, jalan yang sempit sudah diperlebar. Terkait sanitasi air juga sudah dilakukan, sehingga apabila ada hotel-hotel yang akan berdiri, maka akan mudah untuk memprosesnya," tutur Suharto.

Suharto menuturkan, Bangka Belitung saat ini sudah diakui dunia dengan keberadaan geopark dunia, karena memiliki beragam keunikan, dari segi geologis, flora dan fauna, hingga budaya.

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut