get app
inews
Aa Read Next : Pelabuhan Mantung-Bakit Segera Dibangun, Pj Gubernur Safrizal: Ini Langkah Positif Jaga Inflasi

Lestarikan Kuliner Khas Belinyu, Puluhan Emak-emak Ikut Lomba Membuat Kelesan

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 20:11 WIB
header img
Lomba membuat Kelesan, Empek-empek khas Belinyu Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). (Foto: lintasbabel.id/ M. Maulana)

Karmila mengatakan, dirinya bersama satu orang rekannya, baru pertama kali mengikuti perlombaan membuat Kelesan.

 

 

"Kalau untuk lomba baru kali ini, tapi memang hobi saya membuat Kelesan. Di rumah juga sering buat, bukan untuk jualan, tapi untuk makan sendiri," katanya.

Lomba memasak Kelesan ini juga dihadiri oleh Bupati Bangka Mulkan dan Ketua PKK Kabupaten Bangka dan para Kepala Dinas (OPD) di lingkungan Pemkab Bangka

Bahkan, Bupati Mulkan yang memang hobi kuliner sempat membantu seorang ibu yang membuat bumbu Kelesan. Menurut Mulkan, di Bangka sebenernya banyak makanan khas berbahan utama ikan.

Bahkan orangtua di Bangka dulu, kata Mulkan, malah tidak tahu sama empek-empek. Sebutan empek-empek baru digunakan generasi muda sekarang.

"Seperti Kelesan ini, orang bilangnya sekarang pempek. Dulu enggak kenal orangtua tua kita, taunya Kelesan, kalau empek-empek banyak, dimana-mana ada, Pangkalpinang, Sungailiat, bahkan Palembang. Namun kalau Kelesan cuma ada di Kabupaten Bangka, yakni di Belinyu," kata Mulkan.

 

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut