get app
inews
Aa Read Next : Pelabuhan Mantung-Bakit Segera Dibangun, Pj Gubernur Safrizal: Ini Langkah Positif Jaga Inflasi

Lestarikan Kuliner Khas Belinyu, Puluhan Emak-emak Ikut Lomba Membuat Kelesan

Jum'at, 26 Agustus 2022 | 20:11 WIB
header img
Lomba membuat Kelesan, Empek-empek khas Belinyu Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). (Foto: lintasbabel.id/ M. Maulana)

Camat Belinyu, Lingga Pranata mengatakan, Kelesan atau lebih dikenal Empek-empek ini merupakan salah satu kuliner khas dari Kecamatan Belinyu, sehingga harus dilestarikan, dengan cara perlombaan seperti saat ini. Perlombaan membuat kelesan ini tampak diikuti tidak hanya warga dari Kecamatan Belinyu saja.

"Selain Otak-otak yang sudah dikenal, ada lagi Kelesan makanan khas Belinyu. Kelesan atau lebih dikenal masyarakat Empek-empak, namun berbeda adonannya dan cuka atau saosnya khas, tidak ada di tempat lain," kata Lingga.

 

 

Secara sekiilas, Kelesan tidak berbeda dengan Empek-empek Palembang atau Empek-empek dari daerah lain. Namun, adonan disertai dengan sejumlah bumbu dan ikan diadon dengan Sagu Tapioka. 

Untuk ikan pun menggunakan ikan Ciu dari laut Belinyu yang dikenal lebih enak. Jika. Empek-empek Palembang menggunakan cuka hitam atau menggunakan cuka tauco, maka Kelesan menggunakan cuka jeruk kunci.

Sehingga saat memakan Kelesan dengan cuka akan terasa asam jeruk kunci. Untuk Kelesan sendiri bisanya dimakan rebus namun ada juga yang memakannya lebih dulu digoreng.

"Sebenarnya Empek-empek dengan Kelesan ini sama, tidak ada perbedaan dalam proses pembuatannya, cuma beda di nama saja. Kalau nama Kelesan ini memang ciri khas masyarakat Belinyu," kata Karmila, salah satu peserta dari Kampung Tanjung Gudang Belinyu.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut