get app
inews
Aa Read Next : Sri Wahyuni, Pegiat IKM Disabilitas dari Lubuk Besar Menaruh Inspirasi

Mantan Napi Sukses Jadi Pengusaha Makanan Olahan Singkong

Kamis, 11 November 2021 | 13:11 WIB
header img
Aktivitas para karyawan Kafe D9 mempersiapkan makanan olahan berbahan dasar singkong. (iNews/Lurisa Lulu)

SALATIGA, lintasbabel.id – Mantan narapidana di Kota Salatiga, bernama Hardadi mampu mengubah jalan hidupnya, dari seorang "berandalan" menjadi pengusaha sukses. Dengan usaha dan kemauan yang kuat, Hardadi kini sukses menjadi pengusaha makanan olahan berbahan dasar singkong.

Hardadi mendirikan kafe yang diberi nama Cafe Telo D9, yang terletak di Desa Ledok, Kecamatan Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Berbagai macam olahan singkong tersedia di kafe ini, mulai dari singkong keju original, singkong keju cokelat, singkong sambal matah, pancake telo burger telo dan masih banyak olahan singkong lainnya.

Kafe yang sekaligus pusat oleh-oleh bagi para wisatawan lokal ini, selalu ramai dikunjungi para pembeli dari dalam dan luar Kota Salatiga.

Kafe mulai buka dari jam 08.00 WIB hingga pukul 20.00 WIB. Kursi pengunjung tak pernah sepi sehari pun untuk menyantap hidangan beragam olahan singkong.

Hebatnya, seiring dengan makin majunya kafe di berbagai tempat, Hardadi justru mencari pekerja dari kalangan difabel hingga rekan-rekannya yang juga mantan narapidana.

“Saya mulai usaha olahan singkong sejak tahun 2009 lalu dengan berjualan di tepi jalan. Jika semula hanya menggoreng 5 kg namun kini memproduksi 4 ton per hari,” kata Hardadi seperti dilansir dari iNews, Kamis (11/11/2021).

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut