get app
inews
Aa Read Next : Sempat Buron, Residivis Pelaku Pembacokan di Air Mesu Dibekuk Tim Jatanras Polda Babel

Ditlantas Polda Babel Tindak Tegas Pengendara Mengubah Nopol Sendiri

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 12:17 WIB
header img
Kepala Seksi Surat Tanda Nomor Kendaraan (Kasi STNK) Ditlantas Polda Babel, Kompol Indra Gilang Kusuma. (Foto : istimewa/ Humas Polda Babel)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan menindak tegas pengendara merubah sendiri plat nomor polisi (nopol) atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Hal itu untuk mengantisipasi nopol bodong

"Masyarakat Babel silahkan gunakan nopol atau plat nomor yang sudah diterbitkan secara resmi oleh Korlantas atau Kepolisian, jangan merubah spek yang ditentukan," kata Kepala Seksi Surat Tanda Nomor Kendaraan (Kasi STNK) Ditlantas Polda Babel, Kompol Indra Gilang Kusuma. 

Ia mengatakan pasalnya saat ini banyak ditemukan di lapangan, masyarakat merubah plat nopol secara sendiri dengan menghilangkan angka di depan atau di belakangnya, sehingga masih menyisakan satu atau tiga angka ataupun merubah plat nomor dengan kalimat tertentu yang bisa dibacakan. 

"Ratusan, rata-rata yang sering ditemukan dipilok (diwarnai) atau dihitamkan misalnya 112 diwarnai tinggal angka 1 yang ada," ujarnya. 

Ia menegaskan jika ditemukan di jalan maka akan ditindak, sebab sudah ada diatur dalam undang-undang. Menurut Indra, pelanggaran seperti ini sudah sering ditemukan di Babel, bahkan sudah sampai puluhan kendaraan. 

Pihaknya, kata Indra, akan terus memantau dan menindak kendaraan yang merubah plat nopol ini secara sendiri, baik itu kendaraan roda dua atau roda empat. 

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut