get app
inews
Aa Read Next : Kisah Sukses Ibu Muda Urus 9 Anak Sambil Bisnis Jamu, Market hingga Pasar Internasional 

Haji Isam, Pengusaha Sukses dengan Total Kekayaan Rp1 Triliun Ternyata Pernah Jadi Tukang Ojek

Senin, 01 Agustus 2022 | 17:31 WIB
header img
Andi Syamsuddin atau yang lebih dikenal dengan nama Haji Isam, merupakan crazy rich asal Kalimantan Selatan (Kalsel) yang ternyata pernah jadi tukang ojek. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, lintasbabel.id - Kesuksesan seseorang acap kali hanya dilihat pada kondisi semasa jaya semata. Banyak orang yang tidak mengetahui sejauh mana proses orang sukses hingga bisa menorehkan tinta emas di namanya tersebut. 

Seperti halnya haji terkaya di Indonesia, Haji Isam, yang ternyata adalah seorang tukang ojek sebelum dia menjadi orang sukses seperti saat ini. Pengusaha sukses asal Kalimantan Selatan yang memiliki nama lengkap Andi Syamsuddin Arsyad ini, adalah pengusaha batu bara di Batu Licin, Kalimantan Selatan yang terkenal kaya raya. 

 

Baca Juga: Haji Isam, Crazy Rich Kalsel yang Memiliki Aset Rp1 Triliun

 

Seperti apakah sosok haji terkaya di Indonesia ini? Bagaimana profil dan kekayaan Haji Isam? berikut ini kisah sukses Haji Isam yang patut Anda simak sebagai motivasi dan sumber inspirasi.

 

Profil dan Kekayaan Haji Isam, Haji Terkaya di Indonesia

Haji Isam merupakan salah satu pengusaha batu bara yang sukses di Pulau Kalimantan. Namanya mulai menjadi perbincangan setelah Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung menghadiri peresmian pabrik biodiesel baru miliknya senilai Rp2 triliun di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan pada tahun 2021.

Meski dikenal sebagai pengusaha Kalimantan, rupanya Haji Isam sebenarnya bukan asli Kalimantan. Pria yang kini berusia 45 tahun ini merupakan perantau sukses dari Bone, Sulawesi Selatan. Haji Isam juga merupakan keponakan dari Sahbirin Noor yang tak lain merupakan Gubernur Kalsel saat ini.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut