get app
inews
Aa Read Next : Berpotensi Rusak Jalan Bencah-Tepus, Tambang Timah Liar Akhirnya Ditertibkan Polisi

Ratusan Petani Desa Jeriji Mulai Bagikan Lahan Terlantar untuk Dikelola Jadi Lahan Pertanian

Senin, 01 November 2021 | 19:16 WIB
header img
Ratusan Petani saat membagikan lahan untuk perkebunan kelompok. (Foto: lintasbabel.id/ Wiwin Suseno)

BANGKA SELATAN, lintasbabel.id - Ratusan petani Desa Jeriji Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan, yang tergabung dalam 25 Kelompok Tani (Poktan) dibawah naungan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Hamparan Rejeki, mulai membagikan lahan terlantar yang ada di wilayah adiministrasi pemerintahan desa setempat, untuk dikelola menjadi lahan pertanian dengan sistem kebun kelompok.

Ketua Gapoktan Hamparan Rezeki Desa Jeriji, Basri mengatakan, lahan terlantar yang dimanfaatkan petani tersebut, merupakan lahan yang belum pernah dikelola dan dimanfaatkan oleh pihak manapun.

"Langkah awal, kami sebelumnya telah melakukan musyawarah dengan pengurus Poktan dan sepakat untuk membuka kebun kelompok, kemudian dilanjutkan dengan inventarisir lahan dan pembuatan blok lahan. Setelah itu kemudian mulai dilakukan persiapan pembagian lahan, dan hari Sabtu kemarin kami sudah bagikan blok untuk masing-masing kelompok," katanya, Senin (01/11/2021).

Selanjutnya kata Basri, Pengurus Kelompok tani masing-masing akan membagikan lahan tersebut kepada anggotanya, untuk kemudian langsung digarap.

"Teknis pembagian kami serahkan kepada pengurus kelompok masing-masing. Yang berangkat ke lokasi pada hari Sabtu kemarin, setidaknya ada kurang lebih 500 petani dari 25 kelompok tani, termasuk ibu-ibu petani. Setelah digarap, nanti tinggal musyawarah terkait komoditi pertanian apa yang akan ditanam sesuai program pemerintah," ucapnya.

Bustami, salah satu anggota kelompok tani desa setempat berharap, adanya pendampingan dari dinas terkait.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut