get app
inews
Aa Read Next : Berpotensi Rusak Jalan Bencah-Tepus, Tambang Timah Liar Akhirnya Ditertibkan Polisi

Ratusan Petani Jeriji Persiapkan Lahan Untuk Perkebunan Kelompok

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 17:52 WIB
header img
Ratusan petani Desa Jeriji mulai mempersiapkan lokasi perkebunan kelompok. (Foto: lintasbabel.id/ Wiwin Suseno).

BANGKA SELATAN, lintasbabel.id - Ratusan petani di Desa Jeriji Kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan yang tergabung dalam 25 Kelompok Tani (Poktan), dibawah naungan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Hamparan Rizki, mulai menyiapkan lahan pertanian untuk dijadikan kebun kelompok.

Lokasi lahan yang akan diolah dan dimanfaatkan untuk perkebunan kelompok tersebut, adalah lahah terlantar di wilayah Desa Jeriji, yang belum pernah digarap dan dimanfaat oleh petani lainnya.

Ketua Gapoktan Hamparan Rizki Desa Jeriji, Basri mengatakan, kesepakatan petani untuk mengolah lahan terlantar tersebut, berawal dari musyawarah dengan kelompok tani minggu lalu.

"Minggu lalu kami sudah melakukan musyawarah dengan Pengurus 25 Kelompok tani dan juga dihadiri oleh Perangkat Desa dan BPD, kami sepakat untuk menyiapkan lahan untuk perkebunan kelompok," katanya, Sabtu (16/10/2021).

Setelah lahah siap, kata Basri, pihaknya akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk menentukan jenis komoditi pertanian apa, yang cocok dengan kondisi tanah yang telah disiapkan tersebut.

"Nanti kami akan komunikasi dengan PPL maupun dinas terkait, untuk menentukan tanaman apa yang cocok ditanam di lokasi yang sudah kami siapkan, termasuk pasarnya bagaimana, agar saat panen petani kita tidak bingung menjualnya," ucapnya.

Menurut Basri, tingginya minat petani untuk mengolah dan memanfaatkan lahan terlantar untuk kebun kelompok tersebut, dipicu maraknya penjualan lahan terlantar oleh oknum masyarakat kepada oknum pengusaha di wilayah sekitar lokasi, yang akan dijadikan kebun kelompok.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut