get app
inews
Aa Read Next : Bangka Belitung Disorot Karena Angka, Apakah Semua Sudah Diperiksa?

Industri Pariwisata di Babel Diminta Buat Paket Wisata Guna Pikat Wisatawan

Senin, 25 Oktober 2021 | 12:37 WIB
header img
Gubernur Babel Erzaldi Rosman, berdiskusi dengan pelaku pariwisata di rumah dinasnya, Minggu (24/10/2021). (Foto : ist)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Industri Pariwisata di Bangka Belitung (Babel), diminta membuat paket wisata yang dapat menarik minat wisatawan ke Bangka Belitung, khususnya pulau Bangka. Mengingat pulau Belitung, disampaikan oleh Gubernur sudah mengemas paket sesuai dengan yang diharapkan.

Hal tersebut bertujuan membangkitkan geliat ekonomi pariwisata Babel. Untuk itu Disparbudkepora Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengundang para pelaku industri pariwisata di Bangka untuk berdiskusi bersama Gubernur Erzaldi Rosman.

Gubernur Erzaldi mengatakan, salah satu upaya untuk dapat menarik wisatawan, Pemprov Babel akan membuat event yang perlu mendapat dukungan dari para pelaku industri pariwisata yang diantaranya maskapai, hotel, restoran dan travel agen dengan memberikan diskon yang menarik. Sedangkan peran pemerintah provinsi untuk mendatangkan wisatawan adalah dengan membuat event pariwisata. 

"Para pelaku industri pariwisata di Bangka ini diharapkan untuk menyusun paket-paket wisata dengan diskon yang menarik, kami dari pemprov yang akan membuat event pariwisata," kata Gubernur, Senin (25/10/2021).

Untuk permintaan keringanan pajak hotel dan restoran, yang disampaikan oleh pelaku industri pariwisata yang dirasa cukup berat, bukan merupakan kewenangan provinsi, namun menjadi kewenangan pemerintah kabupaten/kota. 

Untuk itu, diharapkan pemerintah kabupaten dan kota turut mendukung langkah pemprov agar tidak memberatkan pihak hotel dan restoran, dimana masa pandemi sudah cukup berat menghantam perekonomian mereka, dan juga semua ini akan memberikan manfaat bagi semua pihak.

Dalam membuat paket wisata, Gubernur hanya akan mengajak para hotel dan restoran yang mau bergabung dalam event pariwisata, karena itu diharuskan mengisi form keikutsertaan yang akan dilayangkan melalui PHRI dan ASITA.

Dalam paket wisata tersebut, Gubernur juga meminta kepada para pelaku industri pariwisata untuk menentukan destinasi ke lokasi-lokasi yang bersih dan berbayar. Tidak lupa untuk membuat narasi yang bagus, agar menarik minat wisatawan luar pulau Bangka berkunjung.

Sebagai masukan bagi pemprov dari para pelaku industri pariwisata, agar diadakan pertunjukan kearifan lokal yang dapat dilihat pada malam hari, sehingga wisatawan luar Bangka memiliki kegiatan di malam hari yang tidak hanya menyuguhkan keindahan alam Bangka saja.

Lebih jauh, terkait surat edaran pemerintah pusat khususnya SE kementerian perhubungan dimana dalam syarat perjalanan dari dan ke Babel menggunakan Antigen kembali menggunakan PCR bisa memengaruhi pertumbuhan ekonomi. Karena rata-rata yang datang ke Babel melewati Jakarta.

Disampaikan oleh Gubernur, Babel yang merupakan daerah kepulauan, sangat mengandalkan transportasi penerbangan untuk perjalanan. Hal ini berbeda dengan daerah Jawa, Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera yang bisa melalui jalur darat. 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut