get app
inews
Aa Read Next : Gerindra Peduli, Prabowo dan Melati Erzaldi Salurkan Hewan Kurban di 5 Lokasi

Dampak PMK, Pemkab Beltim Khawatir Stok Hewan Kurban Kurang

Jum'at, 01 Juli 2022 | 15:09 WIB
header img
Proses Pusvetma Kementan mulai produksi vaksin hewan ternak PMK. (Foto/Antara)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Kendati stok ketersediaan hewan kurban di Kabupaten Belitung Timur (Beltim) saat ini dipastikan sudah cukup aman untuk kebutuhan Idul Adha 1443 Hijriah mendatang.

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Pertanian dan Pangan Pemkab Beltim, Heru Indramarta mengungkapkan, dengan adanya kasus Penyakit Mulut dan Kaku (PMK) di Beltim, dikhawatirkan akan mempengaruhi ketersediaan hewan ternak siap kurban.

"Ketersedian hewan kurban seperti sapi dan kambing sudah mencukupi. Namun berkenaan PMK, misal disatu lokasi stok hewan kurban sudah cukup, tapi karena ada terkena PMK maka stok tersebut menjadi berkurang sehingga ini akan mempengaruhi stok hewan kurban," ujar Heru, Jumat (1/7/2022).

Dikatakan Heru, langkah yang dilakukan Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Beltim untuk mencegah peneluran PMK dengan melakukan pemantauan secara intensif.

"Kami juga khawatir ini akan mempengatuhi pasokan ternak yang sudah ada di Kabupaten Belitung Timur. Jangan sampai ternak yang sudah ada ini terpapar PMK," ujarnya.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut