get app
inews
Aa Read Next : Mantan Gubernur Babel Erzaldi Dicecar 3 Pertanyaan Saat Diperiksa Penyidik Kejati Babel

Gubernur Erzaldi Temui Dirut PT Pertamina, Minta Solusi Kelangkaan BBM di Babel

Selasa, 12 Oktober 2021 | 18:15 WIB
header img
Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman saat bertemu dengan Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, yang didampingi Direktur Pemasaran Regional, Jumali, serta Direkur Rekayasa dan Infrastruktur Darat, Eduward Adolof Kawi, di Jakarta, Senin (11/10/2021). (Foto: Humas Pemprov Babel)

JAKARTA, lintasbabel.id – Menyelesaikan permasalahan keterbatasan pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM), tidak semudah hanya menambah kuantitas pasokan BBM-nya semata. Tapi, juga permasalahan infrastruktur dan penambahan kapasitas penyimpanan.

Pihak PT Pertamina Patra Niaga mengakui, kenaikan permintaan BBM di Belitung memang cukup tinggi, dimana di Belitung Timur saja kenaikan permintaan hingga 300% dan Belitung 100%.

Meningkatkan kuantitas pasokan BBM, berbanding lurus dengan peningkatan kapasitas pelabuhan. Dimana, saat ini pelabuhan Tanjung Gudang di Belinyu, yang menggantikan pengembangan Pelabuhan Pangkal Balam di Pangkalpinang, karena biaya pengembangan Pelabuhan Pangkal Balam terlalu tinggi. 

Hal ini disampaikan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman saat bertemu dengan Direktur Utama PT Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution, yang didampingi Direktur Pemasaran Regional, Jumali, serta Direkur Rekayasa dan Infrastruktur Darat, Eduward Adolof Kawi, di Jakarta, Senin (11/10/2021).

Dikatakan Gubernur, ketika pengembangan Pelabuhan di Belinyu selesai, pengembangan Pangkal Balam akan dilanjutkan dengan mempermanenkan Jembatan EMAS, sehingga tidak lagi menggunakan sistem buka-tutup. 

Ke depan, kata Erzaldi, kapal yang bisa masuk ke Pelabuhan Tanjung Gudang pasca perkembangan di tahun 2022, akan diperuntukkan bagi kapal berkapasitas 9.000 gross tonnase, dengan panjang kapal hingga 185 meter, lebar alur 200 meter dan kedalamannya 9 lbs (live bed scour). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut