get app
inews
Aa Read Next : 360 Peserta Kongres Halal Internasional Disebar Selama 2 Hari ke 7 Kabupaten/Kota di Babel

Agar Indonesia Jadi Pusat Industri Halal Dunia, 4 Hal Ini Wajib Diperhatikan

Rabu, 15 Juni 2022 | 16:08 WIB
header img
Untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia, empat langkah yang harus dihasilkan dalam pelaksanaan KHI 2022 di Provinsi Kepulauan Babel, Rabu (15/6/2022). (Foto: lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat industri halal dunia, terdapat empat langkah yang harus dihasilkan dalam pelaksanaan Kongres Halal Internasional (KHI) 2022 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Rabu (15/6/2022).

Ketua Dewan Halal Nasional, Aminudin Yakub mengatakan, empat hal tersebut terkait dengan senergisitas antar lembaga dan peningkatan sumber daya manusia (SDM). 

"Yang pertama adalah tadi sudah disebut ekselarasi dan sinergi semua lembaga, baik dari kementerian maupun lembaga serta masyarakat untuk bersama-sama mengembangkan industri halal baik halal food, fashion maupun juga wisata halal," ujarnya. 

"Kedua, terkait dengan penguatan regulasinya, sementara halal food sudah ada regulasinya, halal tourism ini perlu diperkuat aspek regulasinya sebagai landasan untuk pengembangan industri wisata halal," imbuhnya. 

Dikatakan Yakub, hal ketiga terkait dengan literasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang apa itu wisata halal. Karena menurutnya, selama ini masih ada kesalahpahaman tentang apa yang dimaksud dengan wisata halal. 

"Yang keempat penguatan di bidang SDM, kompetensi profesi para pelaku di industri halal, baik di halal food kita sudah memberikan sertifikasi, profesi auditor halal,"  kata Aminudin Yakub  di Hotel Novotel Pangkalpinang.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut