Masyarakat Rambat Gelar Tradisi Taber Laut Sebagai Bentuk Syukur Rejeki

Muri Setiawan/ RR
Masyarakat Desa Rambat, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, saat melakukan tradisi Taber Laut. Foto: RR.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Masyarakat di Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memiliki sejumlah tradisi turun temurun dari generasi ke generasi yang masih dilestarikan hingga saat ini. 

Salah satunya yang masih dilestarikan oleh masyarakat Desa Rambat, Kecamatan Simpang Teritip, yakni sedekah laut atau biasa disebut oleh masyarakat lokal yakni Taber Laut

Tradisi Taber Laut dilaksanakan oleh masyarakat setempat di pesisir Pantai Batu Keranji, Desa Rambat, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, pada Sabtu (22/6/2024) pagi. 

Salah seorang warga setempat, Muhamad mengatakan tradisi Taber Laut sebagai bentuk syukur masyarakat dan nelayan kepada sang pencipta atas hasil laut yang selama ini diberikan kepada masyarakat setempat. Sehingga kedepan hasil tangkapan nelayan kedepannya semakin melimpah ruah. 

"Makna sederhananya Taber Laut ini sebagai bentuk syukur dari masyarakat nelayan Desa Rambat terhadap rejeki atau hasil laut yang diperoleh. Mudah-mudahan kedepan tangkapan nelayan meningkat," kata Muhamad. 

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network