Myanmar Dilanda Perang Saudara, Etnis Karen Lakukan Pemberontakan Bersenjata

Joko Setyawanto
kota Myawaddy Myanmar dikuasai pemberontak KNU dan PDF. Foto : istimewa

MYANMAR, Lintasbabel.iNews.id - Karen National Union (KNU) yang mendapat dukungan People's Defence Force (PDF) melakukan pemberontakan dengan menyerang posisi pasukan Junta Militer Myanmar di wilayah timur, berbatasan dengan Thailand. Pasukan pemberontak bahkan dikabarkan berhasil memaksa pasukan pemerintah di wilayah kota Myawaddy menyerahkan diri dan mengambil alih kendali kota.

Pemberontakan bersenjata etnis Karen yang memiliki populasi sekitar 5 juta jiwa atau 7% dari total penduduk Myanmar sudah berlangsung sejak 1949 dengan dimotori oleh organisasi perlawanan yang menamakan diri Perserikatan Nasional Karen / Karen National Union (KNU).

Dilansir dari outlet berbasis Thailand, khaosodenglish.com, pasukan pemberontak Karen telah meningkatkan intensitas serangan dan berhasil merebut pos-pos penting di wilayah timur. Markas Militer Myawaddy yang merupakan benteng terakhir pasukan pemerintah di wilayah timur menghadapi gempuran dan akhirnya jatuh ketangan pemberontak, setelah para pemimpinnya melarikan diri dan meminta perlindungan Thailand.



Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network