Program KUR Jahe Merah Macet, Erzaldi : Kami Tetap Bersama Petani akan Carikan Solusi

Joko Setyawanto/ Muri Setiawan
Erzaldi Rosman, mantan Gubernur Babel. Foto: Istimewa.

Kata Erzaldi, sudah menjadi kewajiban bagi kepala daerah untuk ikut menyosialisasikan dan menyukseskan program pemerintah pusat, apalagi sasilitas program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang memberikan kesempatan dan akses permodalan yang acapkali menjadi permasalahan tersendiri bagi masyarakat kecil untuk memulai usahanya.

Kendati mendapat dukungan permodalan dan pendampingan, tidak semua program KUR berjalan sesuai harapan, ada banyak faktor yang turut mempengaruhi keberhasilan program ini. Di Bangka Belitung sendiri, program KUR penggemukan sapi terbukti mampu berjalan melampaui harapan, namun di sisi lain, program KUR jahe merah kurang dapat optimal walaupun dari 400 petani tersebut ada juga sekitar 25 persen yang bisa berhasil.

"Di tengah-tengah fasilitas yang ada ini, kalau informasi ini tidak sampai kepada masyarakat, dan terus tidak kita sosialisasikan dengan baik, ya masyarakat tidak dapat menjalankan fasilitas yang sudah diberikan oleh pemerintah ini. Untuk itu salah satunya adalah peluang jahe merah ini menjadi target. Masih banyak lagi KUR ini dimanfaatkan, ada juga KUR untuk penggemukan sapi, penggemukan kambing, terus ayam, terus ikan darat, banyak lagi hal-hal terutama UMKM, Ini semua kita tawarkan. Nah dalam prosesnya tentunya ada kegagalan, ini menjadi bagian daripada evaluasi kita nanti ke depan," kata Erzaldi.

Diakui Erzaldi, ada keterbatasan ketika dirinya tak lagi menjabat sebagai Gubernur, namun hal itu tidak akan membuat dirinya mengabaikan nasib 400 petani jahe merah yang kini sedang tidak menentu.

"Ini kan saya tidak menjabat, oke nanti, saya janji ini, saya akan mengumpulkan dan membahas ini bersama-sama dengan perusahaan, dan saya akan hadir bersama masyarakat, dan kita cari solusinya bagaimana," ujar Ketua DPD Partai Gerindra Babel ini.

 

Editor : Muri Setiawan

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network