Ritual Tolak Bala, Warga Desa Air Nyatoh Bangka Barat Gelar Tradisi Rebo Wekasan

Rizki Ramadhani
Warga Desa Air Nyatoh Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat menggelar tradisi Rebo Kasan. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, Lintasbabel.iNews.id - Sejumlah warga pesisir di Desa Air Nyatoh, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat berkumpul di Pantai Ketapang, Rabu (13/9/2023). Disana warga menggelar tradisi Rabu Kasan atau Rebo Wekasa, tradisi ini merupakan ritual tolak bala agar selamat saat melaut.


Warga Desa Air Nyatoh Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat menggelar tradisi Rebo Kasan. Foto: Lintasbabel.iNews.id/ Rizki Ramadhani.
 

Tradisi Rebo Wekasan dilaksanakan setiap akhir Rabu Bulan Safar. Dimulai dengan tarian adat setempat hingga prosesi menarik ketupat lepas atau menarik ketupat bala sebagai puncak tradisi.

Warga Lembaga Adat Air Nyatoh, Muhammad Muhidin mengatakan ketupat yang ada di bala sudah direndam dengan air yang sudah dirajah (dijampi) oleh tetua adat. Setelah itu bersama-sama ketupat tersebut ditarik atau dilepas. 

"Saat memasuki bulan Safar ini (dipercaya) bala atau musibah itu turun, terutama yang berkaitan dengan aktivitas melaut. Maka dari itu digelar tradisi Rebo Kasan yang maknanya untuk menolak bala itu," kata Muhammad Muhidin. 

Editor : Muri Setiawan

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network