get app
inews
Aa Read Next : Pelabuhan ADSP Jadi Pintu Masuk Narkoba, Ichlas : Kita akan Berikan Regulasi

Tradisi Rebo Kasan, Ritual Tolak Bala Warga Pesisir Air Nyatoh Bangka Barat

Rabu, 21 September 2022 | 12:18 WIB
header img
Ritual menarik ketupat lepas atau menarik ketupat bala yang dilakukan masyarakat Desa Air Nyatoh. Foto: lintasbabel.id / Rizki Ramadhani.

BANGKA BARAT, lintasbabel.id - Masyarakat pesisir Desa Air Nyatoh, Kecamatan Simpang Teritip, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar tradisi Rebo Kasan, pada Rabu (21/9/2022). Tradisi ini diikuti semua kalangan masyarakat pesisir Desa Air Nyatoh di Pantai Ketapang. 

Menurut masyarakat setempat Januari (25), tradisi Rebo Kasan merupakan ritual tolak bala (musibah) bagi masyarakat nelayan agar selama aktivitas melautnya dijauhkan dari segala bentuk marabahaya. 

Tradisi Rebo Kasan dilaksanakan setiap akhir Rabu Bulan Safar. Tradisi ini dimulai dengan tarian adat setempat, hingga prosesi menarik ketupat lepas atau menarik ketupat bala sebagai puncak tradisi. 

"Ada 320.000 bala yang ada disini, bala itu digambarkan dalam ketupat. Nah, ketupat yang ada di bala tadi sudah direndam dengan air yang sudah dirajah (dijampi) oleh tetua adat disini. Setelah itu bersama-sama ketupat tadi ditarik atau dilepas, filosofinya itu agar dijauhkan dari bala atau bahaya," kata Januari. 

Selain itu, kata Januari dengan adanya tradisi ini diharapkan hasil laut masyarakat nelayan Air Nyatoh dapat melimpah ruah. 

"Di sini kan masyarakat pesisir atau pekerjaanya nelayan, selain selama ke laut dijauhkan dari bahaya, ini juga untuk mengharapkan hasil laut yang banyak," ucapnya. 

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut