Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk UMKM Tanahwari Guna Pengembangan Usaha di Masa Pandemi Covid-19
Setiap usaha memiliki tantangan pada Era Pandemi, menurut Ibu Finalia, cara Tanahwari untuk menghadapi era saat ini adalah dengan memberikan ciri khas pada suatu produk, sehingga dapat menciptakan diferensiasi produk.
"Tanahwari mencoba untuk menjual cerita sejarah. Sehingga membuat orang tertarik untuk mengikuti ceritanya untuk meningkatkan daya saing guna pengembangan usaha Tanahwari, juga melakukan pemasaran digital dengan media sosial dan website dalam memasarkan produk kami," kata Ibu Finalia.
Ditambah dengan mengikuti beberapa event dalam mempromosikan produk. Menurut Ibu Finalia, inovasi produk yang dilakukan dengan produk yang dibuat menggunakan mesin printing berkualitas tinggi dan menggunakan logo Tanahwari yang berasal dari kerajinan timah sudah cukup baik untuk memberikan ciri khas produk.
Pada Kualitas SDM juga, Tanahwari sangat memperhatikannya, karena Ibu Finalia mengatakan dengan menciptakan kualitas SDM baik maka akan memberikan produk yang berkualitas. Setiap karyawan memiliki Jobdesk masing-masing, dengan adanya pemberian bonus yang diberikan oleh Tanahwari apabila karyawan melampaui target kerja.
Daya saing yang dimiliki oleh Tanahwari juga memberikan daya saing. Dan dari segi ide, Tanahwari berbeda dengan UMKM lainnya, dimana Tanahwari hanya memproduksi produk untuk 1 motif hanya 6pcs saja. Sehingga kesan eksklusif akan ada di produk yang ditawarkan. Kekuatan UMKM Tanahwari adalah motif dan corak yang ada di pakaian, yang merupakan cerita sejarah perjuangan. Sehingga orang akan merasakan semangat perjuangan ketika menggunakannya.
Editor : Muri Setiawan
Artikel Terkait