Logo Network
Network

Ratusan Mahasiswa Babel Unjuk Rasa, Mendesak Presiden Jokowi Copot Ketua KPK

Joko
.
Selasa, 06 Juli 2021 | 16:19 WIB

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Badan eksekutif Mahasiswa (BEM) se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Provinsi Kepulauan Babel, Selasa (6/7/2021). Para mahasiswa mengkritisi upaya pelemahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan mendesak Presiden Jokowi mencopot Ketua KPK, Firli Bahuri.

Para pengunjuk rasa sudah mulai berkumpul sejak pukul 12.30 WIB di titik Nol Kilometer Kota Pangkalpinang, kemudian berangkat menuju titik aksi selanjutnya, yakni Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam aksinya, ratusan mahasiswa mendapat kawalan ketat aparat dari Polda Kepulauan Babel dan Polres Kota Pangkalpinang. 

Para mahasiswa ini membawa puluhan spanduk bertuliskan "Tolak Revisi UU KPK", "Hidupkan Perlawanan, Matikan Pembungkaman". Bahkan ada spanduk khas anak milenial seperti "Jika Bukan Untuk Keadilan, Lebih Baik Aku Rebahan". Selain spanduk, puluhan panji-panji organisasi mahasiswa ikut dikibarkan dalam aksi kali ini. 

Para pengunjuk rasa ditemui langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Herman Suhadi dan Wakil Ketua, Amri Cahyadi.

Dalam orasinya, dihadapan Pimpinan DPRD, sejumlah orator menyuarakan dukungan mereka terhadap penyelidikan atas upaya pelemahan KPK. Hal ini buntut dari sejumlah pegawai KPK yang diberhentikan karena dinilai tidak lulus Tes Wawasan kebangsaan (TWK) beberapa waktu lalu.

"Mendesak Presiden Jokowi untuk memberhentikan atau mencopot Ketua KPK saat ini, Firli Bahuri dengan segala kontroversi yang ada. Pecat Firli Bahuri. Mendesak Presiden mengevaluasi kinerja Ketua KPK Firli Bahuri," demikian tuntutan para mahasiswa.

Selama aksi berlangsung, ratusan mahasiswa ini masih tetap menggunakan masker.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News

Bagikan Artikel Ini