get app
inews
Aa
Read Next : Terlibat Praktik Prostitusi Online via Whatsapp, Wanita Muda Ini Diciduk Polisi 

Harta Pemilik Facebook Lenyap Rp99,5 Triliun

Selasa, 05 Oktober 2021 | 19:58 WIB
header img
Pemilik Facebook, Mark Zuckerberg.

JAKARTA, lintasbabel.id - Harta Mark Zuckerberg dilaporkan lenyap sebesar USD7 miliar atau setara Rp99,5 triliun akibat WhatsApp, Facebook, dan Instagram mengalami down. Hal ini terjadi di seluruh dunia secara mendadak pada Senin (4/10/2021) malam kemarin.

Tak hanya itu, saham Facebook juga mengalami penurunan akibat insiden ini. 

Berikut 4 fakta terkait hal diatas, yang telah dirangkum dari Okezone, Selasa (5/10/2021).

1.Saham Facebook turun 5%

Saham Facebook langsung anjlok (-5,73%) di USD 323,34 pada Selasa (5/10) pukul 01.41 WIB. Hal ini jelas merupakan kerugian besar bagi Facebook yang juga menaungi WhatsApp dan Instagram.

2. Harta Mark Zuckerberg alami penurunan

Setelah insiden ini, kekayaan Mark Zuckerberg pun mengalami penurunan menjadi USD120,9 miliar atau setara Rp1.719 Triliun. Posisi Mark Zuckerbeg di Bloomberg Billionaires Index pun dibalap oleh Bill Gates. Mark kini berada di posisi ke-5.

3. Pihak Facebook minta maaf

Melalui laman resminya, Facebook menyampaikan permintaan maaf kepada para penggunanya atas ketidaknyamanan yang terjadi. Namun, Facebook tidak menjelaskan secara detail apa penyebab gangguan ini.

"Kami sedang berusaha untuk memulihkan semuanya menjadi normal lagi secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata Facebook.

4. Dugaan penyebab down

Beberapa dugaan muncul terkait masalah ini. Menurut pakar keamanan siber, gangguan ini bisa dipicu oleh kesalahan konfigurasi, yang mungkin bisa terjadi akibat adanya kesalahan di internal. Selain itu, sebuah laporan dari Reuters berasumsi bahwa sabotase dari pihak eksternal juga mungkin bisa jadi salah satu pemicu gangguan ini.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut