get app
inews
Aa Read Next : Perceraian Mati, Adat Belitung Timur yang Masih Dipertahankan Masyarakat

Beltim Miliki Rumah Literasi Mangrove, Edukasi Bakau ke Anak Usia Dini

Minggu, 05 Juni 2022 | 15:04 WIB
header img
Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Dr. Myrna. A. Safitri, bersama Bupati Beltim Burhanundin meresmikan Rumah Literasi Mangrove, Minggu (5/6/2022). (Foto: lintasbabel.id/ Suharli)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup pada 5 Juni 2022, Rumah Literasi Mangrove yang berada disamping MTS Muhammadiyah Gantung, Belitung Timur, diresmikan langsung oleh Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan, Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) Dr. Myrna. A. Safitri

Dipilihnya lokasi tersebut tidak hanya dinilai dari sisi edukasi lingkungan saja, namun juga, agar dapat memberikan pengetahuan historis aspek sejarah Pendidikan di pulau Belitung.

Deputi mengatakan BGRM memiliki tugas mempercepat rehabilitasi mangrove dibeberapa Provinsi, salah satunya di Bangka Belitung.

"Karena itu kehadiran kami di Belitung Timur ini tidak terlepas dari tugas kami, untuk mempercepat rehabilitasi mangrove.

Namun kami pun sadar, upaya rehabilitasi mangrove tidak bisa berjalan sendiri tanpa adanya kesadaran dari masyarakat," ujarnya.

Karena itulah, menurutnya, upaya untuk menumbuhkan kesadaran, BGRM mencoba melalui edukasi secara dini kepada anak-anak sekolah, agar memiliki rasa kecintaan terhadap bakau, mangrove, dan diharapkan mereka kedepannya bisa menjadi aktor yang berperan penting dalam menyelamatkan ekosistem mangrove khususnya di pulau Belitung.

Dia menjelaskan memilih rumah litarasi mamgrove di MTs Gantung, ini juga guna memajukan aspek historis, dari kebangkitan pendidikan yang ada di Belitung, dimana keberadaan SD Muhammadiyah saat itu menjadi bukti sejarahnya.

"Kami melihat, bahwa tujuan pemerintah daerah agar pendidikan itu lebih dekat pada lingkungan dan inklusif, maka keberadaan rumah literasi yang terbuka bagi semua kalangan, bisa menjadi rumah membangun solidaritas, keberagaman  dan kecintaan terhadap lingkungan," ucapnya.

Dia menambahkan, Bagi BRGM Rumah Literasi yang berada di MTS Muhammadiayah Gantung adalah yang pertama dibuat, dia berharap kedepan bisa menjadi role model literasi mangrove bagi tempat-tempat lainya.

"Mudah-mudah juga ini menjadi icon wisata baru di Pulau Belitung," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Belitung Timur, Burhanudin mengatakan, Sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa Bangka Belitung turut menjadi salah satu wilayah rehabilitasi mangrove di Indonesia.

Menurutnya hal inilah kemudian yang menjadi salah satu pendorong dipilihnya Kabupaten Belitung Timur oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove RI  sebagai rumah literasi mangrove.

"Ini suatu hal yang memberikan edukasi kepada kita di indonesia, tentang bagaimana mencintai, merawat mangrove yang ada di daerah pesisir kita. Mangrove ini banyak manfaatnya dan generasi dibawah kita harus mulai memahami arti pentingnya tanaman mangrove," ucapnya.

Ada gedung literasi tersebut merupakan kolabrasi BRGM, PP Muhammadiyah serta Pemerintah daerah, agar kelak wisatawan yang berkunjung bisa mendapatkan edukasi tentang mangrove serta sejarah SD muhammadiayah yang dulunya pernah booming dalam film Laskar Pelangi, yang kini berubah nama menjadi MTs Muhammadiayah Gantung.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut