get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat di Pantai Siangau Desa Teluk Limau Bangka Barat

Sabtu, 04 Juni 2022 | 19:35 WIB
header img
Trikasih, Farinda, Rico & Zainul, Mahasiswa Jurusan Sosiologi FISIP UBB. (Foto: Istimewa)

PULAU Bangka bukan hanya memiliki adat istiadat dan budaya yang masih kental, melainkan juga memiliki beragam wisata. Inilah yang menjadi salah satu faktor banyaknya wisatawan yang ingin berlibur di sini. Jika anda berkunjung ke Bangka, maka anda jangan sampai melewatkan untuk berkunjung ke Pantai Siangau. Pantai Siangau terletak di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Siangau merupakan salah satu ikon di Teluk Limau.Kawasan Pantai Siangau Desa Teluk Limau memiliki sejumlah daya tarik sebagai obyek wisata pantai. Diyakininya destinasi ini tak kalah indahnya dari pantai daerah lainnya yang ada di Bangka Belitung. Hal ini setidaknya terlihat dari banyak masyarakat baik dari luar Kecamatan Parittiga yang berkunjung ke kawasan Pantai Siangau.

Pada moment libur bisa dibilang kawasan ini dibanjiri warga dari berbagai daerah. Tak lain untuk melihat keindahan panoramanya, tebing-tebing karang dan gunung-gunung batu granit. Belum lagi deburan ombaknya yang besar menghantam dinding-dinding tebing itu. Itulah salah satu panorama menariknya.Jika dilihat dari atas tebing itu terdapat keindahan luar biasa. Ini menjadi pemandangan yang sangat menarik bagi wisatawan.

Rombongan mahasiswa Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Bangka Belitung melakukan kunjungan pada tanggal 31 Mei 2022 untuk studi eksplorasi potensi pariwisata. Kami menumpangi Transportasi Kampus dan didampingi oleh dosen pembimbing kami, yaitu Ibu Laila Hayati, M.Si.

Rombongan berangkat jam 8 pagi dan memerlukan waktu tempuh 2 jam dan sampai lokasi pukul 10 pagi. Kondisi pantai yang membentang dan menghadap matahari tenggelam menjadikan pantai Siangau sebagai obyek yang menarik untuk rekreasi.


Pantai Siangau di Dusun Pala, Desa Teluk Limau, Kecamatan Parit Tiga, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (Foto: Istimewa)

 

Pantai berpasir putih, lautan yang membiru, batu granit raksasa yang membukit, dan pemandangan Bukit Pala di kejauhan membuat letih di perjalanan menuju lokasi pun seakan terbayar lunas.    

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut