get app
inews
Aa Read Next : Lelang Tender Proyek Pembangunan IKN Nusantara Senilai Rp1,84 Triliun Dibuka, Diikuti 372 Peserta

Kendaraan Tanpa Awak Jadi Transportasi Publik di IKN Nusantara

Jum'at, 20 Mei 2022 | 19:01 WIB
header img
Moda transportasi publik di IKN akan menggunakan kendaraan tanpa awak untuk menunjang mobilitas warga. (Foto: Susan Fourtané)

JAKARTA, lintasbabel.id – Sebuah terobosan baru akan dilakukan oleh pemerintah, dimana Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan menggunakan kendaraan tanpa awak sebagai sarana transportasi publik. Hal ini diungkapkan Kepala Otorita Ibu Kota Negara (IKN), Bambang Susantono, Jumat (20/5/2022).

Dikatakan Bambang, kendaraan otonom (autonomous vehicle) atau kendaraan tanpa awak akan menjadi tulang punggung atau bagian penting dari sistem transportasi publik di IKN Nusantara yang turut menawarkan layanan publik kepada masyarakat sekitar. 

“Kami ingin memiliki rute sesuai permintaan dan dinamis dengan mobil tanpa awak, daripada sistem bus yang terjadwal dengan rute tetap,” ujar Bambang.

Dia menjelaskan, kehadiran kendaraan otonom tersebut bertujuan untuk menciptakan mobilitas perkotaan yang lebih aman dan efisien, menghilangkan kemacetan dan emisi gas rumah kaca. Serta menyediakan mobilitas bagi penyandang disabilitas dan kebutuhan khusus. 

Saat ini, lanjut Bambang, Otorita IKN Nusantara sedang mengembangkan masterplan kota pintar Nusantara yang mencerminkan teknologi mutakhir, dengan fokus pada inovasi dan menciptakan ekosistem yang akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

“Intelligent Transport System adalah salah satu fitur terpenting di kota pintar. Kami akan mengembangkan ITS yang mengimplementasikan IoT, menggunakan big data, dan menerapkan AI sebagai tulang punggung sistem. Kami bekerja sama dengan ITS Asia Pasifik, pusat keunggulan di universitas di seluruh dunia, dan industri dalam hal ini,” kata Bambang.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut