get app
inews
Aa Read Next : Hari Jadi Kota Toboali Resmi Ditetapkan, Jadi Kota Tertua di Bangka Belitung

Wagub Abdul Fatah Bawa Tanah Bukit Menumbing dan Air Bukit Mangkol untuk IKN Nusantara

Senin, 14 Maret 2022 | 19:24 WIB
header img
Wagub Babel Abdul Fatah bersama Presiden Jokowi memasukkan tanah dan air yang dibawa dari Bangka Belitung ke Bejana Nusantara, disatukan dengan tanah dan air dari provinsi lain di Indonesia. (Foto: Humas)

PENAJAM PASER UTARA, lintasbabel.id - Wakil Gubernur (Wagub) Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah, membawa tanah yang dibawa langsung dari Bukit Menumbing dan air dari Bukit Mangkol, untuk dibawa ke Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Senin (14/3/2022). 

Tanah dan air itu kemudian diserahkan Wagub Abdul Fatah kepada Presiden Jokowi, untuk dimasukkan ke Bejana Nusantara yang kemudian disatukan dengan tanah dan air dari provinsi lain di Indonesia.

"Tanah yang dibawa langsung dari Bukit Menumbing Muntok ini menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia. tempat di mana tokoh-tokoh hebat menuangkan pemikiran luar biasa untuk memberikan masa depan bagi negara tercinta," ungkap wagub. 

Ia mengatakan, tanah itu juga merupakan tempat di mana presiden pertama Indonesia, Soekarno diasingkan. Selanjutnya, air yang dibawa dari Bukit Mangkol merupakan sumber air yang mengairi kehidupan penduduk kota Pangkalpinang yang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

"Tanah dan air ini menjadi simbol bahtera hidup di lahan yang baru," ujarnya. 

Prosesi penyatuan air dan tanah dari 34 provinsi di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tersebut dilakukan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pagi ini dalam sebuah wadah yang disebut Kendi Nusantara. 

"Ini merupakan bentuk dari kebhinnekaan kita dan persatuan yang kuat di antara kita, dalam rangka membangun Ibu Kota Nusantara ini," ungkap presiden. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut