get app
inews
Aa Read Next : PJ Gubernur Babel Resmikan BKK, Menjadi Garda Terdepan dalam Pengendalian Penyakit Menular

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp1 Miliar  untuk Menopang Kegiatan PISA

Sabtu, 14 Mei 2022 | 18:26 WIB
header img
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ervawi. (Foto : lintasbabel.id/ Irwan Setiawan)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Pemerintah siapkan anggaran Rp1 milliar untuk menopang kegiatan Programme for International Student Assessment (PISA). PISA merupakan kompetisi kanca Internasional  untuk siswa dan guru di Bangka Belitung.

"Untuk kegiatan penopang PISA ada Matching Fund yaitu dana sharing yaitu Rp500 juta dari Kementrian dan Rp500 juta  dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung,  jadi semuanya Rp1 miliar," Kata Kepala Dinas Pendidikan, Provinsi Bangka Belitung, Ervawi, Sabtu (14/5/2022).

Ia menyebutkan pemerintah sendiri sudah menganggarkan sejak tahun 2020 yang diperuntukan untuk pelatihan siswa dan guru. 

"Kami ada anggran dari tahun 2020, kami sudah melakukan pelatihan workshop ke guru - guru inti. Kami kemudian juga dipanggil kepusat untuk dilatih juga dan balik lagi ke Babel untuk dikembangkan di kelompok Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS)," ujarnya.

Menurutnya, untuk saat ini Dinkes Babel jangan berbicara hasil terlebih dahulu. Tetapi saat ini melakukan pengembangan terhadap kopetensi guru yang ada.

"Untuk pengembangan kopetensi guru guru kita, kami jangan berbicara hasil, tetapi itu potret dari situ kita berangkat dari titik nol untuk pemgembangannya. Karena 3 tahun kedepan kita akan ikut lagi continue dan kalau sudah di mulai dari sekarang InsyAllah 3 tahun kedepan kita akan maju terus," tutur Ervawi.

Dia mengatakan, hanya tiga provinsi yang mewakili Indonesia di Program PISA yaitu Yogyakarta, DKI Jakarta dan Bangka Belitung.

"Ini akan dilakaukan dari 27 Mei 2022  sampai pertengan Juni 2022. Ini untuk Provinsi Bangka belitung, dan kita akan bersaing  dengan 79 negara didunia," ujarnya.

Editor : Haryanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut