get app
inews
Aa Read Next : Tukar Uang: BI Babel Siapkan Rp1,6 Triliun Uang Baru untuk Penuhi Kebutuhan Lebaran 

Bank Indonesia Dorong Pasar Digital SIAP QRIS dan Warung Digital di Babel

Kamis, 12 Mei 2022 | 21:05 WIB
header img
Peluncuran program Pasar Digital Sehat Inovatif Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS) dan Warung Digital di Pangkalpinang, Kamis (12/5/2022). (Foto: Dok. BI Babel)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bersinergi dengan Kementerian Perdagangan RI,Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dan Pemerintah Kota Pangkalpinang, meluncurkan program Pasar Digital Sehat Inovatif Aman Pakai QRIS (SIAP QRIS) dan Warung Digital di Pangkalpinang, Kamis (12/5/2022).

Program Pasar SIAP QRIS ditujukan untuk mendigitalisasi sistem pembayaran, khususnya bagi para pedagang pasar dengan memanfaatkan kanal QRIS dalam aktivitas transaksi sehari-hari.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, Kepala Kantor Perwakilan BI Bangka Belitung Budi Widihartanto, dan Sekretaris Daerah Provinsi Bangka Belitung Naziarto, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Pangkalpinang Suryo Kusbandoro.

Kegiatan diawali dengan peresmian Pasar Digital SIAP QRIS di Pasar Rumput, dilanjutkan dengan prosesi transaksi belanjadi para pedagang dengan melakukan scan QRIS. Digitalisasi pasar diharapkan dapat diperluas ke seluruh pasar tradisional dan pasar modern di Bangka Belitung.

Upaya digitalisasi ini bertujuan untuk mendorong transaksi non-tunai yang Cepat, Mudah, Murah, Aman, dan Andal (CEMUMUAH) di masyarakat seiring dengan perkembangan digitalisasi di sektor keuangan yang sangat cepat.

"Pasar Rumput merupakan salah satu pasar dengan pedagang yang telah aktif bertransaksi dengan QRIS dan telah menjadi piloting Pasar Digital SIAP QRIS di Bangka Belitung. Hal ini merupakan hasil sinergi yang baik antara Bank Indonesia, Pemerintah Daerah,dan Penyedia Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) di Wilayah Bangka Belitung," ujar Kepala Kantor Perwakilan BI Babel, Budi Widihartanto.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut