get app
inews
Aa Read Next : Indonesia vs Filipina Malam Ini: Jaga Asa Semifinal, Shin Tae-yong Minta Pemain Anggap Laga Final

Bongbong Marcos, Putera Ferdinand Marcos Terpilih Jadi Presiden Filipina, Kog Bisa?

Selasa, 10 Mei 2022 | 17:57 WIB
header img
Ferdinand "Bongbong" Marcos Jr., putra mendiang diktator Filipina, menyampaikan pidato selama kampanye di San Fernando, Provinsi Pampanga, pada 29 April 2022. (Foto: Reuters)

FILIPINA, lintasbabel.id - Filipina kini resmi memiliki presiden baru yakni Bongbong Marcos, setelah berhasil memenangi pemilihan umum (pemilu) dan akan menggantikkan Rodrigo Duterte.

Nama, Marcos dibelakang Bongbong mengingatkan banyak orang terhadap sosok Ferdinand Marcos, mantan Presiden Filipina yang menjabat selama 21 tahun. Ia dikenal sebagai seorang diktator dan presiden korup selama dia memimpin Filipina.

"Ferdinand Marcos dikenal juga sebagai Presiden paling korup di sana, miriplah dengan Soeharto. Dia bahkan membunuh lawan politiknya, Benigno Aquino seorang politisi yang namanya pada waktu itu menjadi harapan banyak orang Filipina untuk menggantikan Ferdinand Marcos," kata penggiat media sosial, Denny Siregar dikutip dari laman Youtube CoktoTV, Selasa (10/5/2022).

Menurut Denny, pembunuhan Benigno Aquino memuci demonstrasi besar-besaran di Filipina yang dipimpin langsung oleh istri Benigno Aquino yang juga mantan Presiden Filipina, yakni Cory Aquino.

"Ferdinand Marcos kemudian jatuh, dan rakyat Filipina waktu itu langsung menyerbu Istana Presiden. Di dalam Istana, rakyat Filipina yang miskin menemukan kenyataan kalau istri Ferdinand Marcos, yaitu Imelda Marcos ternyata menyimpan harta berupa ribuan sepatu dan tas brended yang sangat mahal. Imelda Marcos memang dikenal sebagai sosialita dari hasil korupsinya, sedangkan banyak rakyat Filipina yang pada waktu itu yang kelaparan," ungkap Denny lagi.

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut