get app
inews
Aa Read Next : Walhi Babel Desak Menteri ESDM Cabut IUP PT Timah di Pesisir Laut Desa Batu Beriga

Penambang Timah di Toboali Minta Wakil Rakyat Bantu Perjuangkan Legalitas TI Tungau

Jum'at, 17 September 2021 | 21:26 WIB
header img
Sakan TI Tungau warga yang mulai dibongkar pasca penertiban. (Foto: lintasbabel.id/ Wiwin Suseno)

BANGKA SELATAN, lintasbabel.id - Penambang timah rakyat jenis TI Tungau di Sukadamai Kelurahan Toboali Kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), berharap kepada wakil rakyat yang ada di DPRD Kepulauan Babel, khususnya dari Daerah Pemilihan Bangka Selatan (Basel) untuk membantu memperjuangkan legalitas TI Tungau.

Pasalnya, hingga saat ini para penambang TI Tungau, terpaksa bekerja secara ilegal demi memenuhi kebutuhan hidup keluarga mereka, hingga akhirnya ditertibkan tim gabungan.

Ketua RT 05 RW 07 Kelurahan Toboali Kecamatan Toboali mengatakan, sejak ditertibkannya TI Tungau, banyak warganya yang mengeluh kehilangan mata pencaharian, mengingat TI Tungau merupakan satu-satunya sumber ekonomi mereka.

"Semenjak TI Tungau ini dihentikan, masyarakat saya saat ini gelisah, karena mata pencahariannya terhenti. Saat berjalan sebelum dihentikan masyarakat saya makmur, saya juga ikut senang karena ekonomi masyarakat menggeliat, termasuk yang punya usaha dagang," katanya, Jumat (17/09/2021).

Ia berharap, para pemangku kebijakan dapat memberikan solusi terbaik, agar warganya bisa kembali menambang secara legal.

"Warga saya siap diatur, yang penting bisa kerja, supaya ekonomi keluarga mereka terpenuhi. Saya khawatir kalau begini terus, mereka tidak bisa bekerja, kriminalitas bisa meningkat. Saya mohon kepada wakil rakyat kami yang ada di Provinsi dan semua pemangku kebijakan dari pusat hingga daerah, tolong bantu warga kami agar bisa bekerja secara legal," ucapnya.

"Kalau kondisinya seperti ini terus, bagaimana nasib kami, nasib keluarga kami. Keluarga kami butuh makan, anak kami butuh biaya sekolah, tolonglah kami wahai pemangku kebijakan," tambahnya.

Senada dikatakan Juanda, warga RT 05 RW 07 Kelurahan Toboali Kecamatan Toboali yang mengaku sebagai penambang TI Tungau. Ia berharap kepada wakil rakyat yang ada di DPRD Babel, terutama dari Dapil Bangka Selatan agar dapat membatu penambang TI Tungau, memperjuangkan legalitas TI Tungau supaya bisa beroperasi dengan legal.

"Kami sangat berharap wakil kami di DPRD Provinsi dari Bangka Selatan, dapat membantu kami rakyat penambang dalam memperjuangkan legalitas, agar kami bisa bekerja dengan aman, dan bisa menghidupi keluarga. Kalau kondisinya seperti ini terus, bagaimana kami bisa menghidupi keluarga kami, menyekolahkan anak kami. Jadi, tolong lah pak bantu kami," ucapnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut