get app
inews
Aa Read Next : Bolehkah Menggabungkan Puasa Syawal dengan Puasa Senin Kamis? Berikut Dalilnya

Jumlah Rakaat Sholat Tarawih di Masjidil Haram

Sabtu, 16 April 2022 | 21:57 WIB
header img
Ilustrasi sholat di Masjidil Haram.(Foto:Ist)

SHOLAT Tarawih merupakan amalan yang hanya dilakukan di bulan suci Ramadan. Lalu, berapa rakaat sholat Tarawih di Masjidil Haram?. Umat muslim di Arab Saudi sangat gembira menyusul diizinkannya pelaksanaan sholat Tarawih di Masjidil Haram Mekkah pada Ramadhan 1443 H tahun ini. 

Kepala Kepresidenan Urusan Dua Masjid Suci, Syekh Abdurrahman as-Sudais mengatakan, pelaksanaan sholat Tarawih di Masjidil Haram tahun ini dikurangi menjadi 10 rakaat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. 

Biasanya dalam kondisi normal (sebelum pandemi Covid-19), sholat tarawih di Masjidil Haram dilaksanakan 20 rakaat plus sholat witir. 

Sholat Tarawih pertama Ramadhan tahun ini telah dimulai pada Jumat malam 1 April 2022. Umat muslim menyambut gembira pelaksanaan sholat Tarawih tanpa jarak ini atau shaf rapat. Semua masjid di Kerajaan juga ikut menghidupkan sholat Tarawih dengan kapasitas penuh. 

Sejarah Sholat Tarawih Sebelum pandemi Covid-19, Masjidil Haram selalu melaksanakan sholat Tarawih berjamaah 20 rakaat plus Witir. Arab Saudi sendiri merupakan negara pengikut salah satu dari 4 mazhab populer yaitu Mazhab Hambali. 

Ustaz Ahmad Zarkasih dalam bukunya "Sejarah Tarawih" menyebutkan sholat Tarawih 20 rakaat menjadi masyhur dan disepakati oleh 4 mazhab (Hanafi, Maliki, Syafi'i dan Hanbali). 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut