get app
inews
Aa Read Next : Jumlah Rakaat Sholat Tarawih di Masjidil Haram

Tata Cara Sholat Tarawih dan Witir Berjamaah, Lengkap dengan Bacaan Niat, Hukumnya

Jum'at, 01 April 2022 | 18:48 WIB
header img
Tata Cara Sholat Tarawih dan Witir Berjamaah, Lengkap dengan Bacaan Niat, Hukumnya.

SHOLAT tarawih dan witir merupakan amalan sunnah yang dikerjakan berjamaah di masjid atau musala, karena pahalanya tentu lebih baik daripada sholat sendirian di rumah. Sebagai seorang muslim, perlu mengetahui tata cara sholat tarawih dan witir, bacaan niat serta hukum-nya. 

Apa arti tarawih?

Muhammad Ajib Lc dalam bukunya 33 Macam Jenis Shalat Sunnah menjelaskan, sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan pada malam hari di Bulan Ramadhan. Kata tarawih secara bahasa bentuk jama' dari tarwihah yang artinya istirahat.

Dinamakan shalat tarawih sebab setiap selesai 2 rakaat ada istirahatnya sejenak. Biasanya diisi dengan bacaan-bacaan dzikir atau shalawat.

Dari situ kemudian, setiap empat rakaat (dengan 2 salam) disebut Tarwihah, dan semuanya disebut Tarawih. Hal itu sebagaimana dijelaskan oleh al-Hafiz Ibn Hajar al 'Asqallaaniy dalam kitab Fath al-Baari Syarah al-Bukhari sebagai berikut:

سُمِّيَتِ الصَّلَاةُ فِي الْجَمَاعَةِ فِي لَيَالِي رَمَضَانَ التَّرَاوِيحَ لِأَنَّهُمْ أَوَّلَ مَا اجْتَمَعُوْا عَلَيْهَا كَانُوا يَسْتَرِيحُوْنَ بَيْنَ كُلِّ تَسْلِيمَتَيْنِ .

Artinya: Shalat jamaah yang dilaksanakan pada setiap malam bulan Ramadhan dinamai Tarawih karena para sahabat pertama kali melaksanakannya, beristirahat pada setiap dua kali salam.

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut