get app
inews
Aa Read Next : Belasan Rumah Warga di Desa Jeriji Rusak Dihantam Puting Beliung 

Kajati Babel Serahkan Uang Tunai 50 Juta Bantu Korban Puting Beliung Desa Kebintik

Senin, 04 April 2022 | 12:06 WIB
header img
Kajati serahkan bantuan uang tunai Rp50 juta kepada masyarakat Desa Kebintik, dengan disaksikan Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman. (Foto : lintasbabel.id / Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Daroe Tri Sadono, SH, M. Hum didampingi Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman menyerahkan bantuan uang tunai sebesar Rp50juta kepada para korban puting beliung di Desa Kebintik Kecamatan PangkalanBaru Kabupaten Bangka Tengah, pada Senin (04/04/2022). 

"Kenapa kami memberikan bantuan yang tidak seberapa ini berupa uang tunai, karena kami melihat bantuan material dan sembako bagi masyarakat Desa Kebintik sudah lebih dari cukup, sehingga kami memberikan rupiah untuk belanja. Barangkali ada masyarakat yang membutuhkan keperluan lain," ujar Kajati Babel, Daroe Tri Sadono.

Selain itu, dirinya mengungkapkan jika Desa Kebintik merupakan daerah rawan bencana, dimana dalam kurun waktu satu bulan terakhir desa ini ditimpa bencana banjir dan dua kali puting beliung.

"Saya memprediksi desa ini merupakan daerah yang rawan bencana, tentunya disini perlu dilakukan langkah-langkah penting, seperti halnya pendataan dahulu, kemudian bisa di koordinasikan dengan BMKG sehingga bisa diidentifikasi inti masalahnya," ungkapnya. 

"Kemudian dalam memitigasi resiko, pihak Pemda dengan leading sektornya Pak Bupati bersama TNI Polri bisa melakukan langkah-langkah setrategis guna dapat mengantisipasi dengan tepat," sambungnya.

Selain pemulihan bangunan rumah warga, menurutnya pemulihan psikis warga dan anak-anak korban bencana perlu diperhatikan. Salah satunya melakukan bantuan konseling kepada para anak. 

"Yang perlu diperhatikan juga adalah pemulihan psikis warga, terutama kepada anak-anak. Saya khawatir anak-anak dengan peristiwa ini akan ada traumatik. Tentunya sangat perlu memulihkan kembali kondisi psikis warga dan anak-anak di desa ini," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman berterimakasih atas perhatian Kajati Babel yang mau turun dan menyalurkan bantuan langsung ke Desa Kebintik, guna meringankan beban masyarakat di desa tersebut. 

"Saya merasa senang, orang baik di negara ini banyak. Saya ucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak. Dimana begitu pedulinya teman-teman ke masyarakat desa ini, seperti halnya yang dilakukan Kajati Babel hari ini. Tentunya saya mewakili masyarakat saya berterimakasih atas bantuan yang telah disalurkan," ujar Algafry. 

Desa Kebintik sendiri setidaknya terdapat sebanyak 138 rumah mengalami kerusakan ringan hingga berat. Bahkan sejumlah rumah rata dengan tanah akibat terjangan puting beliung.

"Untuk pemulihan kondisi ini, kami targetkan dapat berlangsung kurang dari satu bulan," ungkapnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut