get app
inews
Aa Read Next : 7 Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah, Alasan Berobat Sampai Saudara Nikah

Bangka Tengah Belum Laksanakan Vaksinasi Pelajar

Selasa, 31 Agustus 2021 | 15:51 WIB
header img
Para pelajar di Kabupaten Bangka Tengah sedang mengikuti PTM terbatas. (Foto: lintasbabel.id/ Rachmat Kurniawan)

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Walaupun Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di sekolah-sekolah telah dilaksanakan, namun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah hingga saat ini belum memfokuskan pemberian vaksin Covid 19 bagi siswa. Saat ini Pemkab Bangka Tengah masih fokus memberikan vaksinasi kepada masyarakat di dua kecamatan yang ada di wilayahnya, yang menjadi daerah terbanyak warganya terapapar Covid-19. 

"Untuk vaksinasi ini kami masih berfokus pelaksanaanya di Kecamatan Pangkalan Baru dan Kecamatan Koba terlebih dahulu, karena memang berdasarkan data, dua kecamatan ini paling tinggi kasus Covid-19. Sedangkan untuk vaksinasi siswa belum kita fokuskan khusus, namun kalupun mau divaksin silahkan datang ke puskesmas terdekat, maka tetap akan dilayani," ujar Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman pada Selasa (31/08/2021).

Walaupun demikian, Algafry mengungkapkan kedepan pihaknya juga akan mengkhususkan pelayanan vaksinasi bagi para pelajar di wilayahnya.

"InsyaAllah kedepan kita rencanakan dan memang akan kita fokuskan vaksinasi ini ke siswa/siswi sekolah, agar dalam pelaksanaan tatap muka ini bisa lebih aman," ujar Algafry.

Sementara itu, berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya masih rendah, dengan capaian realisasi sebesar 20 persen.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Bangka Tengah, Zaitun mengatakan pihaknya terus berupaya mengoptimalkan perlaksanaan vaksinasi di wilayahnya guna membentuk kekebalan kelompok dan menekan kasus covid-19.

"Untuk capaian vaksinasi di kita (Bangka Tengah -red) memang masih rendah, yakni baru mencapai 20 persen, kami terus berupaya untuk melakukan percepatan. Saat ini juga kami telah melakukan penjadwalan vaksinasi di setiap puskesmas ataupun rumah sakit, dimana dalam satu minggu ini kurang lebih tiga kali pelaksanaanya di setiap Puskesmas," ujar Zaitun.

Kata Zaitun, untuk vaksinasi bagi pelajar saat ini pihaknya belum memfokuskan kegiatan tersebut, namun pihaknya tetap melayani vaksinasi bagi para pelajar yang datang langsung ke puskesmas dengan membawa persyaratan yang telah ditentukan.

"Pelaksanaan vaksinasi ini dikhususkan bagi masyarakat umum yang telah berusia 12 tahun keatas, dengan syarat membawa kartu identitas berupa KTP ataupun KIA dan menerapkan protokol kesehatan ketat saat mendatangi puskesmas," ujar Zaitun.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut