get app
inews
Aa Read Next : SE Satgas Covid-19 Bebaskan PCR dan Antigen Bagi Pelaku Perjalanan, Begini Ketentuannya

Kemenkes Laporkan Ada Jutaan Vaksin Covid-19 Kadaluwarsa, Tersebar di Seluruh Provinsi

Rabu, 30 Maret 2022 | 15:07 WIB
header img
Vaksinasi massal yang dilaksanakan di halaman kantor Polsek Koba. (Foto : lintasbabel.id / Rachmat Kurniawan)

JAKARTA, lintasbabel.id - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI melaporkan ada jutaan vaksin covid-19 kedaluwarsa (expired date) periode Januari-Maret 2022 yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia. Terbanyak ada di Jawa Tengah (Jateng).

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes, Maxi Rein Rondonuwu mengatakan, hampir seluruh  Provinsi di Indonesia memiliki dosis vaksin yang kadaluwarsa.

"Vaksin yang sudah expired date adalah vaksin yang ada di daerah, untuk periode sampai dengan bulan Maret, data sampai tanggal 25 Maret, kita lihat vaksin yang expired di masing-masing provinsi ada di sini," kata Maxi dalam rapat dengar pendapat (RDP) secara dengan Komisi IX DPR, Rabu (30/3/2022).

Dia menyampaikan bahwa  Jawa Tengah menjadi provinsi dengan dosis vaksin Covid-19 paling banyak kedaluwarsa yaitu, sekitar 1,1 juta dosis vaksin. Kemudian, disusul Jawa Timur sebanyak 891.799 dosis vaksin dan Jawa Barat 743.879 dosis vaksin.

"Jadi hampir semua provinsi yang ada vaksin yang ED dan yang paling banyak itu AstraZeneca," ujarnya.

Di samping itu, data vaksin kedaluwarsa periode Maret 2022 menunjukkan, Bali menjadi provinsi dengan jumlah dosis vaksin yang akan kedaluwarsa pada 31 Maret mendatang yaitu sebanyak sekitar 191.540 dosis. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut