get app
inews
Aa Read Next : Fenomena Suara Sama di Pileg Kota Pangkalpinang, Akademisi UBB: Diatur di PKPU Nomor 6 Tahun 2024

Paskibraka Nasional Asal Babel Bercita-cita Jadi TNI, Gubernur Beri Wejangan

Minggu, 22 Agustus 2021 | 11:18 WIB
header img
Paskibraka Nasional Asal Babel, disambut Gubernur Babel Erzaldi Rosman di Rumah Dinasnya. (Foto : ist)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Dua orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional asal Bangka Belitung (Babel), yang bertugas pada upacara pengibaran Sang Merah Putih di Istana Merdeka pada 17 Agustus 2021 lalu, tiba di tanah kelahirannya. Keduanya ternyata kompak bercita-cita ingin menjadi TNI.

Kedua Paskibraka itu yakni Agung Fachri, dan Via Tiara Ningrum. Tiba di Babel, mereka disambut Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, di Rumah Dinasnya, Sabtu (21/8/21) sore.

M. Agung yang berasal dari SMA Negeri 1 Sungailiat, bercita-cita mengikuti jejak ayahnya sebagai Taruna Angkatan Laut (AL). Sementara Via Tiara asal SMK Yaperbel, Tanjungpandan, Belitung, berkeinginan kuat bergabung di Angkatan Udara (AU) meskipun ia harus kembali sekolah terlebih dulu selama dua tahun.

Keduanya juga mengisahkan pengalaman mereka selama menjalani masa pelatihan hingga menunaikan tugas mereka untuk mengibarkan Sang Merah Putih di Istana Merdeka.

Diketahui, M. Agung mendapatkan tugas saat pengibaran bendera dan berada di tim 45 bayangan, sementara Via Tiara bertugas saat penurunan bendera pada pasukan 17. 

Bagi M. Agung, dirinya merasa bangga dapat melihat langsung Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, walaupun dari jarak yang cukup jauh. Sementara, kesan yang takkan terlupakan juga dialami oleh Via. Ia sempat berinteraksi langsung dengan Presiden Joko Widodo.

"Waktu itu malam pengukuhan. Saya berada di barisan depan, dan Pak Jokowi bertanya, Via dari mana, Via jawab dari Kepulauan Bangka Belitung. Kemudian Pak Jokowi bilang, keren, keren," ujar Via kepada gubernur.

Menurut Erzaldi, keduanya merupakan inspirasi bagi pemuda saat ini, untuk tetap berjuang menggapai cita-cita.

"Cita-cita kalian luar biasa. Kalian adalah inspirasi bagi pemuda-pemuda, adik-adik kalian untuk mengikuti jejak kalian untuk menjadi Paskibraka. Semoga cita-cita kalian untuk menjadi Taruna tercapai," kata Gubernur Erzaldi.

Erzaldi, mengingatkan agar M. Agung dan Via Tiara untuk terus membina fisik dan mental, serta psikotes termasuk ilmu pengetahuan umum sebagai modal menggapai masa depan yang cerah.

"Jangan dicederai, karena kalau kamu cederai, ada hak-hak yang harusnya kamu dapat akan berkurang apa yang kamu cita-citakan. Mental harus siap berhasil, tapi harus siap juga gagal. Artinya kecenderungannya siap gagal dan bukan berarti tidak berhasil, hanya keberhasilan tertunda," ujarnya 

Gubernur Erzaldi berpesan agar kedua Paskibraka Nasional ini terus memperkuat ilmu agama.

"Karena kalau kalian ada kesalahan pemahaman terhadap agama bisa menyebabkan salah arah dan akhirnya tidak akan sukses. Agama itu yang utama dijalani dengan cinta dan kedamaian. Sering-sering diskusi untuk mendapat pengalaman, sehingga akan lebih mudah bagi kita untuk maju ke depan," ucapnya.

 

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut