get app
inews
Aa Read Next : Bawaslu Sasar Santri dan Santriwati Bantu Pengawasan Pemilu

Wagub : Pergunakan Medsos Secara Bijak, Jarimu adalah Harimaumu

Rabu, 18 Agustus 2021 | 14:49 WIB
header img
Wakil Gubernur Babel, Abdul Fatah menjadi narasumber dalam webinar literasi digital, dalam meningkatkan wawasan kebangsaan, Rabu (18/8/2021). (Foto: Humas Pemprov Babel)

PANGKALPINANG, lintasbabel.id - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah mengingatkan, masyarakat Babel untuk lebih dewasa dan bijak dalam bermedia sosial. Hal ini dikatakan Wagub, mengingat banyaknya gesekan sosial, bahkan kasus hukum, yang menyeret pengguna media sosial (medsos) akibat status yang diposting dan komentar mereka.

"Pergunakanlah media sosial kita secara bijak, karena dalam etika berjejaring ada peribahasa, Jarimu adalah Harimaumu," ujarnya saat menjadi narasumber dalam webinar literasi digital, dalam meningkatkan wawasan kebangsaan, Rabu (18/8/2021).

Dalam webinar secara virtual tersebut, wagub juga meminta kepada masyarakat, untuk tidak terlalu mudah dalam menerima informasi dari media sosial, dibutuhkan literasi digital, mengingat medsos sering disalahgunakan sebagai sarana adu domba. 

"Gunakanlah kata-kata yang baik. Hati-hati dengan jarimu, karena jarimu sekarang bisa menjadi harimaumu. Tutur kata yang baik agar tidak menyakiti yang lain," katanya.

Disamping itu, wagub mengatakan bahwa literasi menjadi kunci pembuka dunia, oleh karenanya literasi harus berbasis teknologi digital. Dirinya beranggapan akan sangat tertinggal apabila literasi tidak ditransformasikan, dalam teknologi digital mengingat kondisi dunia yang berubah setiap detik.

Untuk itu, Pemprov Babel sangat mendukung program literasi digital nasional di Babel, karena melalui program tersebut diharapkan masyarakat dapat semakin melek digital. 

Banyak manfaat yang dirasakan masyarakat apabila melek digital, diantaranya dapat terhindar dari konten hoaks, atau berita-berita yang belum jelas kebenarannya, kemudian meningkatnya produktivitas serta daya saing masyarakat dalam perekonomian.

Sebab ke depan, semua aspek kehidupan akan menggunakan digital. Kegiatan ini mau tidak mau harus kita implementasikan, karena kedepan semua aspek kehidupan akan memanfaatkan digital. 

Dengan digital seluruh urusan akan menjadi lebih efektif, efisien, dan cepat.

Sementara itu, narasumber lainnya Wakil Bupati Belitung, Ishak Meirobie memaparkan bahwa kondisi literasi digital di Indonesia saat ini belum sampai level baik.

Oleh karenanya, dia memaparkan solusi yaitu "KONTEN", yang terdiri dari K (Kebenaran), O (Organisasi), N (Narasi), T (Transformatif), E (Emansipatif), dan N (Nasionalisme).

Sebuah konten menurutnya harus mengandung kebenaran, mengorganisasikan gerakan setiap lapisan masyarakat, mengandung narasi positif, visioner ke arah digital, mendorong untuk meraih hak-hak yang lebih adil dan terbuka, serta perekat kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut