get app
inews
Aa Read Next : Insiden Penembakan di Kawasan Hiburan Malam, 1 Tewas dan 2 Orang Terluka

Jika AS-Rusia Terlibat Perang Nuklir, Ilmuan: Awal Kiamat Bagi Bumi

Sabtu, 12 Maret 2022 | 16:14 WIB
header img
Limbah radioaktif yang dihasilkan dari nuklir akan menimbulkan efek jangka panjang setelah bom diledakan. Foto/Dok BBC

INVASI Rusia ke Ukraina, meningkatkan risiko perang nuklir antara negara adidaya, Rusia dan Amerika. Para ilmuwan memperkirakan jika perang nuklir sampai terjadi, merupakan cikal bakal menjadi awal kiamat bagi bumi. 

Dilansir Live Science, Sabtu (12/8/2022), Federasi Ilmuwan Amerika menyebutkan, Rusia dan AS memiliki 90% senjata nuklir dunia. Rusia memiliki 1.588 senjata nuklir dan Amerika Serikat memiliki 1.644 hulu ledak nuklir. 

Rusia juga memiliki rudal antarbenua dengan jangkauan sekitar 5.500 kilometer dan pangkalan pembom berat dengan pesawat pengebom yang mampu membawa dan menjatuhkan muatan nuklir, begitu juga dengan AS. 

Perang nuklir skala penuh di Ukraina dapat dengan mudah mewakili peristiwa kepunahan bagi umat manusia. Bukan hanya karena kematian awal tetapi juga karena dampak global pendinginan yang disebut musim dingin nuklir. 

Menurut perhitungan James Martin Center for Nonproliferation Studies, 30% hingga 40% persenjataan AS dan Rusia terdiri dari bom yang lebih kecil. Ini adalah senjata termonuklir yang memiliki jangkauan kurang dari 500 kilometer di darat dan kurang dari 600 kilometer melalui laut atau udara. 

Senjata-senjata ini masih akan memiliki dampak yang menghancurkan di dekat zona ledakan, tetapi tidak akan menciptakan kiamat nuklir global terburuk. 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut