get app
inews
Aa Read Next : Berpotensi Rusak Jalan Bencah-Tepus, Tambang Timah Liar Akhirnya Ditertibkan Polisi

Tim Gabungan Razia Tambang Ilegal di Kwasan HL Belitung Timur

Jum'at, 04 Maret 2022 | 08:40 WIB
header img
Alat tambang yang menggarap lahan di kawasan HL Kabupaten Belitung Timur. (Foto : istimewa)

BELITUNG TIMUR, lintasbabel.id - Tim Gabungan yang terdiri dari Gakkum KLHK, Bareskrim Polri, dan Puspom TNI melakukan penertiban tambang diduga ilgal, di Daerah Aliran Sungai (DAS) Manggar, Belitung Timur. Giat dilaksanakan selama dua hari yakni Selasa 1 Maret dan Rabu 2 Maret 2022.

Dari giat dua hari itu, beberapa barang bukti berhasil diamankan diantaranya sejumlah derigen bahan bakar minyak (BBM) dan beberapa karung pasir timah

Tak cuma barang bukti, puluhan penambang turut diamankan oleh tim gabungan dan dibawa ke Polres Belitung Timur guna dimintai keterangan.

Satu diantara penambang bernama Sardoni mengatakan, dia diamankan saat akan menuju akses jalan keluar lokasi penambangan yang berada di belakang kantor DPC PDI Perjuangan Beltim, jalan Raya Manggar-Damar, pada Selasa  (1/3/2022) lalu. 

"Mereka mengatakan asalnya dari Mabes. saya lagi di jalan mau ke Damar dari lokasi itu. Tiba-tiba diadang terkesan dipaksa. Saya tanya apa ini, mereka bilang, dari Mabes. Ayo ikut ke Polres saja'," kata Sardoni, Rabu (2/3) lalu. 

Sardoni mengatakan sempat menanyakan kenapa dibawa ke Polres.

"Saat dibawa ke polres kami diperiksa. Kami belum tahu sampai kapan di sini," kata Sardoni. 

Kapolres Belitung Timur AKBP Taufik Noor Isya membenarkan ada penertiban penambang timah ilegal di wilayahnya. Dia menjelaskan mereka adalah Tim Gabungan yang terdiri dari Gakkum KLHK, Bareskrim Polri, dan Puspom TNI.

Editor : Haryanto

Follow Berita iNews Lintasbabel di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut