get app
inews
Aa Read Next : Saparudin Terpilih sebagai PAW Kades Penyak

Biskuit Kemenkes RI Dibagikan Saat Pilkades Lubuk Pabrik

Kamis, 05 Agustus 2021 | 18:57 WIB
header img
Biskuit bayi berlogo Kemenkes RI yang dibagikan di Pilkades Lubuk Pabrik Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka Tengah. Foto: lintasbabel.id/ Rachmat Kurniawan.

BANGKA TENGAH, lintasbabel.id - Biskuit berlogo Kementrian Kesehatan (Kemenkes) diduga dipakai dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Desa Lubuk Pabrik Kecamatan Lubuk Besar Kabupaten Bangka tengah, pada Pilkades serentak se-Kabupaten Bangka tahun 2021 ini. Bupati Bangka Tengah, Algafry Rahman tekankan tenaga kesehatan harus bersikap netral dalam Pilkades, dirinya pun akan menindak tegas jika memang ada petugas medis yang tidak netral dalam Pilkades ini. 

"Saya dapat informasi di Desa Lubuk Pabrik ada pembagian biskuit bayi warna pink berlogo Kemenkes. Itu produk pemerintah, seharusnya tidak boleh dijadikan alat untuk kampanye dalam pemilihan apapun," kata Bupati Algafry pada Kamis (05/08/2021).

Algafry kemudian meminta Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka Tengah melakukan kroscek temuan ini. Ia minta pendistribusian biskuit harus dilakukan sebagaimana mestinya, ikuti mekanisme berlaku, dan tidak boleh dijadikan alat kampanye.

"Itu hak orang banyak, dan yang menerimanya khusus bagi masyarakat yang memiliki bayi bukan sembarangan dalam pendistribusian," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinkes Kabupaten Bangka Tengah, Zaitun mengaku telah mengkroscek ke lapangan hasil temuan ini. Dari informasi tenaga kesehatan di Kecamatan Lubuk besar dan Lubuk Pabrik, bahwa biskuit itu bukan berasal dari pihaknya.

"Sejauh ini kami belum mendistribusikan biskuit bayi tersebut. Sumbernya bukan dari kami, dan biskuit itu memang benar berasal dari Kemenkes RI," ujar Plt. Kepala Dinkes Kabupaten Bangka Tengah, Zaitun.

Menurutnya dalam pendistribusian, pihaknya melibatkan pihak ketiga, yakni pihak Kantor Pos. Mekanismenya pihak Kantor Pos mengantarkan ke Puskesmas se Kabupaten Bangka Tengah dan kemudian Bidan Desa akan mengambil biskuit itu sesuai kebutuhan.

"Yang mengambil bukan sembarang orang, hanya Bidan Desa yang bisa mengambilnya ke Puskesmas dan setiap pendistribusian ada tanda terimanya," ujar Zaitun.

Zaitun menekankan kepada Tenaga Kesehatan se Kabupaten Bangka Tengah agar bersikap netral dalam Pilkades serentak tahun 2021. Siapapun yang terpilih, mereka adalah mitra kerja tenaga kesehatan.

"Sudah saya tekankan, harus netral. Kalau ada temuan yang tidak netral, kita tindak tegas sesuai aturan," ungkapnya.

Salah satu Calon Kades Lubuk pabrik, Saipul yang merasa dirugikan menyerahkan hal ini kemasyarakat. Ia mengaku kaget, kenapa biskuit berlogo Kemenkes beredar mengatasnamakan salah satu calon kades Lubuk Pabrik.

"Tidak apa-apa, biar masyarakat juga tahu bahwa biskuit itu punyanya Kemenkes RI bukan pembelian dari salah satu calon kades Lubuk Pabrik," ujarnya.

 

Editor : Muri Setiawan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut